Jurnalis Arab Saudi Hilang

Akhir Januari, Pejabat PBB Kunjungi Turki untuk Selidiki Kasus Pembunuhan Jamal Khashoggi

SEORANG pejabat PBB dilaporkan bakal berkunjung ke Turki untuk menyelidiki kasus pembunuhan Jamal Khashoggi, jurnalis Arab Saudi.

Akhir Januari, Pejabat PBB Kunjungi Turki untuk Selidiki Kasus Pembunuhan Jamal Khashoggi
Evening Standard
Solidaritas disampaikan sejumlah kalangan untuk Jamal Khashoggi. 

SEORANG pejabat PBB dilaporkan bakal berkunjung ke Turki untuk menyelidiki kasus pembunuhan Jamal Khashoggi, jurnalis Arab Saudi.

Agnes Callamard, Pelapor Khusus PBB Khusus Eksekusi di Luar Hukum dan Kesewenang-wenangan bakal berkunjung pada 28 Januari hingga 2 Februari mendatang.

Pembunuhan Jamal Khashoggi, Sekjen PBB Serukan Penyelidikan yang Kredibel

Pembunuhan Jamal Khashoggi, Duta Besar AS untuk PBB: Pangeran MBS Bertanggung Jawab

Sumber Turki dikutip Hurriyet Jumat (25/1/2019) berkata, Callamard bakal memimpin penyelidikan internasional untuk mengungkap kematian Khashoggi.

Dalam emailnya kepada Reuters dilansir The Guardian, Callamard berujar dia bakal mengevaluasi kondisi saat kejahatan terjadi dan sifat serta tanggung jawab negara.

Dia berkata penyelidikan itu bakal dibantu tiga orang pakar yang salah satunya mempunyai pengalaman forensik tanpa bersedia menyebutkan identitasnya.

Callamard menjelaskan bakal melaporkan kunjungan selama lima hari itu ke Dewan Hak Asasi Manusia PBB pada Juni mendatang.

Sebelumnya pada Kamis (24/1/2019), Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu menuturkan bahwa sudah saatnya penyelidikan internasional diperlukan.

Dia menyatakan Presiden Recep Tayyip Erdogan sudah memerintahkan persiapan untuk menggelar penyelidikan internasional.

Ternyata, Pangeran MBS Masih Minta Nasihat kepada Terduga Otak Pembunuhan Jamal Khashoggi

100 Hari Berlalu, Kematian Jurnalis Jamal Khashoggi Masih Misteri, Termasuk Keberadaan Jasadnya

Perkembangan itu terjadi setelah pelaku bisnis dari negara Barat mulai melakukan normalisasi hubungan dengan Saudi di Forum Ekonomi Dunia Davos, Swiss.

Terlihat dari Direktur Eksekutif Total Patrick Pouyanne dan direktur eksekutif bank investasi Amerika Serikat (AS) Morgan Stanley, James Gorman, yang berbicara dengan menteri Saudi.

Gorman berkata pembunuhan Khashoggi adalah peristiwa tak bertanggung jawab. Namun, pihaknya menolak untuk memboikot atau memberi sanksi kepada Saudi.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved