RSUD Kota Bekasi Tangani 88 Kasus DBD dalam Kurun Januari 2019

Meskipun ada lonjakan jumlah pasien, pihaknya memastikan, pelayanan dan perawatan maksimal diberikan kepada pasien DBD.

RSUD Kota Bekasi Tangani 88 Kasus DBD dalam Kurun Januari 2019
Warta Kota/Muhammad Azzam
Ilustrasi pelayanan di RSUD Kota Bekasi. 

Kepala Bidang Perawatan RSUD Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi, Sudirman mengatakan, ada peningkatan pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) yang dirawat di rumah sakit.

Dari 2 pasien pada November 2018, kemudian 12 pasien pada Desember 2018 menjadi 88 pasien kasus DBD peride Januari 2019.

"Peningkatan kasus itu cukup drastis pada bulan Januari ini dibandingkan dua bulan lalu," katanya, Kamis (24/1/2019).

Dari 88 kasus periode Januari 2019, 55 kasus di antaranya diderita pasien dewasa, 33 sisianya diderita pasien anak-anak.

Ia mengungkapkan, peningkatan jumlah pasien DBD diduga disebabkan pergantian cuaca dari musim kemarau ke musim hujan.

"Faktornya karena perubahan cuaca dan sanitasi lingkungan yang kurang baik sehingga menjadi pemicu berkembang biaknya jentik nyamuk," ucapnya.

Meskipun ada lonjakan jumlah pasien, kata Sudirman, pihaknya memastikan pelayanan dan perawatan maksimal diberikan kepada pasien DBD.

"Ruang rawat inap kita masih bisa menampung sampai hari ini. Kita harap tidak ada lonjakan jumlah pasien, tapi jika ada lonjakan drastis, kita lakukan langkah usaha luar biasa, menata ruang rawat inap agar bisa menampung pasien-pasien," jelasnya.

Untuk persiapan obat, kata Sudirman, sebenarnya tidak ada obat khusus untuk pasien DBD, penanganan pasien DBD itu menjaga stabilisasi cairan pada tubuh pasien.

"Untuk stok obat sebenarnya tidak ada obat khusus yang digunakan untuk pasien DBD. Tapi butuh asupan cairan pada tubuh, tentu kita perkuat stok cairan itu, sampai sejauh ini kita pastikan stok tersebut masih cukup," terangnya.

Adapun, kapasitas ruang rawat inap di RSUD Kota Bekasi sebanyak 550 tempat tidur, jumlah itu bisa ditingkatkan menjadi 700 lebih tempat tidur dengan memanfaatkan ruang-ruang dan tempat tidur cadangan yang dimiliki.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved