Kisah Diaspora Indonesia Memanfaatkan Peluang Bisnis Produk UKM di Amerika

Diaspora Indonesia potensial menjadi agen untuk mempromosikan produk UKM Tanah Air di luar negeri.

Kisah Diaspora Indonesia Memanfaatkan Peluang Bisnis Produk UKM di Amerika
Dok. Humas Kementerian Koperasi dan UKM
Menteri Koperasi dan UKM, Puspayoga, didampingi Chairman ICSB Indonesia, Hermawan Kartajaya. 

WARTA KOTA, PALMERAH--- Diaspora Indonesia potensial menjadi agen untuk mempromosikan produk UKM Tanah Air di luar negeri sehingga diharapkan jaringan pemasarannya kian luas ke seluruh penjuru dunia.

Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM, Hermawan Kartajaya, mengatakan, potensi Diaspora Indonesia yang tersebar di seluruh dunia sangat besar untuk mendukung pengembangan pasar UKM di Indonesia.

"Memang sangat besar potensi diaspora Indonesia yang tersebar seluruh dunia ini untuk pengembangan UKM di Indonesia," kata Hermawan yang juga Chairman ICSB Indonesia seperti dilansir Antaranews.com, Kamis (24/1/2019).

Hermawan melakukan kunjungan kerjanya ke Orlando, Amerika Serikat, dalam satu pekan terakhir.

Ia mendapati ada begitu banyak diaspora Indonesia yang memiliki antusiasme dan ketertarikan untuk turut serta mengembangkan UKM di Tanah Air.

Misalnya Rosidah Siegel Harris, asal Yogyakarta, yang sudah lama tinggal bersama suaminya yang berdarah Amerika di Orlando.

Selain itu ada Putri Retno Savitri juga asal Yogyakarta yang tinggal bersama Romo Sondi dan keluarga termasuk satu cucu juga di Orlando.

"Kedua ibu dari Yogyakarta ini saya temui bersama Roy Laurens, President VIDA (Voice Of Indonesia, Florida) di Resto Bonchon yang dimiliki Andreas Marpaung juga diaspora Indonesia, pada Selasa (22/1/2019) malam," katanya.

Mereka, kata Hermawan, merupakan contoh beberapa Diaspora Indonesia yang punya bisnis sendiri di Orlando dalam bidang usaha kecil yang merepresentasikan UKM di Indonesia.

Rosidah dan Putri misalnya punya bisnis unik yaitu Funeral Casket dari Rotan.

Halaman
12
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved