Beberapa Fakta Kalau Jakarta Jadi Kota Pesisir Paling Cepat Tenggelam di Dunia

Tahukah bahwa permukaan tanah Jakarta setiap tahunnya turun 25 cm? Fakta ini harus disadari oleh semua pemangku kebijakan di Jakarta.

Beberapa Fakta Kalau Jakarta Jadi Kota Pesisir Paling Cepat Tenggelam di Dunia
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Pembangunan tanggul laut dilaksanakan. 

WARTA KOTA, PALMERAH--- Tahukah bahwa permukaan tanah Jakarta setiap tahunnya turun 25 cm?

Fakta ini harus disadari oleh semua pemangku kebijakan di kota berpenduduk 10 juta ini.

Jika tidak ada tindakan yang komprehensif, "Sekitar 95 persen dari Jakarta Utara akan tenggelam pada 2050," kata Heri Andreas, dari Institut Teknologi Bandung, yang selama 20 tahun belakangan ini mempelajari tanah Jakarta seperti dikutip BBC.com.

Sebagian Jakarta memang tanah rawa pada awalnya. Belum lagi menjadi muara 13 sungai. Jadi, sangat wajar jika terjadi banjir di Jakarta sejak dulu kala.

Akan tetapi persoalan banjir tak semengawatirkan persoalan tenggelam, meski tidak seperti banjir yang susah dilihat banyak orang.

Inilah fakta yang ada: Jakarta Utara telah tenggelam sedalam 2,5 m dalam 10 tahun terakhir, dan berlanjut sebanyak 25 cm setiap tahunnya pada beberapa wilayah.

Angka itu dua kali lipat rata-rata dibandingkan dengan kota-kota pesisir lainnya di dunia.

Jakarta Utara secara historis telah menjadi kota pelabuhan dan bahkan saat ini menjadi salah satu pelabuhan laut tersibuk di Indonesia, Tanjung Priok.

Lokasinya yang strategis tempat Sungai Ciliwung mengalir ke Laut Jawa menjadi salah satu alasan mengapa pemerintah kolonial Belanda memilih tempat ini sebagai pusat kesibukan mereka di abad ke-17.

Saat ini, populasi Jakarta Utara 1,8 juta.

Halaman
123
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved