Basuki Tegaskan Pemerintah Juga Bangun Trans Jawa di Selatan

“Soal Cigatas ini sekarang sambil usulkan penloknya dan persiapan untuk tender. Mudah-mudahan Juni atau Juli nanti sudah ada pemenangnya.

Basuki Tegaskan Pemerintah Juga Bangun Trans Jawa di Selatan
Kementerian PUPR
BASUKI Hadimuljono, Menteri PUPR RI 

Setelah Merak-Pasuruan sepanjang 933 kilometer tersambung, dan dilanjutkan ke Banyuwangi sehingga total Tol Trans-Jawa bagian utara menjadi 1.150 kilometer, Pemerintah akan membangun Tol Trans-Jawa sisi selatan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menuturkan, kehadiran Tol Trans-Jawa selatan ini sebagai wujud pemerataan kapasitas dan pembangunan wilayah supaya lebih menyebar dan makin banyak dirasakan manfaatnya.

“Kami meningkatkan kapasitas dan pemerataan pembangunan dengan menyebarkannya melalui Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) kemudian ke Yogyakarta dan Solo, itu Tol Trans-Jawa selatan,” kata Basuki saat ditemui di Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Basuki mengungkapkan, beberapa ruas tol yang sudah eksis selama ini ternyata menimbulkan kemacetan lalu lintas.

Karena itu, lanjut Basuki, pembangunan di wilayah selatan Jawa harus dimulai sekarang sehingga konektivitas lebih tersebar dan merata.

“Tol Trans-Jawa ini juga bakal menimbulkan kemacetan. Purbaleunyi tidak lebih dari 5 tahun macet. Makanya kami ingin tingkatkan kapasitas itu,” imbuh Basuki.

Rencana pembangunan sepanjang 80 kilometer ini masih dalam tahap penentuan lokasi (penlok) dan persiapan untuk tender proyek.

Basuki mengharapkan, dalam enam bulan ke depan sudah ada pemenang tendernya sehingga proyek infrastruktur yang ditaksir butuh dana Rp 20 triliun itu bisa dimulai.

“Soal Cigatas ini sekarang sambil usulkan penloknya dan persiapan untuk tender. Mudah-mudahan Juni atau Juli nanti sudah ada pemenangnya. Nantinya tersambung sampai Cilacap sepanjang 180 kilometer, dan tujuan akhirnya di Yogyakarta,” jelas Basuki.

Kelak jika Tol Cigatas beroperasi, masyarakat memiliki alternatif selain rute tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi, untuk menuju Tasikmalaya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Setelah Sisi Utara, Pemerintah Bangun Tol Trans-Jawa Sisi Selatan",

Penulis : Erwin Hutapea
Editor : Hilda B Alexander

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved