Pilpres 2019

Najwa Shihab dan Tommy Tjokro Diusulkan Jadi Moderator Debat Kedua Pilpres 2019

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat evaluasi debat pertama Pilpres 2019 bersama Bawaslu dan pihak TKN maupun BPN.

Najwa Shihab dan Tommy Tjokro Diusulkan Jadi Moderator Debat Kedua Pilpres 2019
Warta Kota/Nur Ichsan
Pembawa acara talkshow Najwa Shihab saat jumpers yang digelar Senin (8/1/2018) di Jakarta. 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat evaluasi debat pertama Pilpres 2019 bersama Bawaslu dan pihak TKN maupun BPN. Salah satu agendanya ialah membahas soal moderator debat.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, ada dua nama yang diusulkan oleh stasiun televisi penyelenggara sebagai kandidat moderator debat kedua. Mereka adalah Najwa Shihab dan Tommy Tjokro.

"Ya, (nama Najwa dan Tommy) itu diusulkan oleh televisi penyelenggara," kata Arief Budiman di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (21/1/2019).

PKS Janji Perjuangkan Undang-undang Perlindungan Alim Ulama dan Tokoh Agama Jika Menang Pemilu

KPU belum memutuskan apakah tetap menggunakan dua moderator atau cukup satu saja. Sebab, pada debat kedua nanti hanya akan mempertemukan dua calon presiden.

Dengan kondisi begitu, Arief Budiman punya usulan sendiri untuk memakai satu moderator saja, mengingat jika jalannya debat capres dipandu oleh dua moderator, maka waktu yang diambil bisa terlalu lama.

"Tapi kalau saya pribadi, dua moderator mengambil waktu agak lama, kalau saya sendiri mengusulkan bisa satu. Jadi lebih cepat gitu. Kalau kemarin kan berpasangan, maka moderatornya dua," jelas Arief Budiman.

Nama dan Foto Gatot Nurmantyo Dicatut di Baliho BPN Prabowo-Sandi, Ini Kecurigaan PKS

Menanggapi usulan tersebut, Direktur Program TKN Jokowi-Maruf Amin Aria Bima mengaku akan menunggu rapat evaluasi berikutnya. Dia berharap moderator terpilih bisa menjalankan tugas sebagaimana mestinya.

"Siapakah nanti yang kita pilih di antara dua moderator terbaik yang kita miliki nanti, kita tunggu pada rapat berikutnya. Karena ada beberapa nama yang kita himpun, memungkinkan kita nanti merasa nyaman bahwa moderator nanti akan menjalankan tugas-tugasnya dengan sebaik-baiknya, dengan penuh pesona sebagai moderator," papar Aria Bima.

Di sisi lain, Wakil Ketua BPN Prabowo-Sandi Priyo Budi Santoso mengusulkan, moderator debat kedua bisa berasal dari kalangan media massa yang punya kualitas dan sering terlihat tampil gemilang, agar punya andil menciptakan suasana jadi lebih menarik untuk disaksikan.

Mulai Kemarin Inaca Turunkan Harga Tiket Pesawat, Jakarta-Banda Aceh Jadi Rp 1,6 Juta

"Bisa dipastikan dari media yang selama ini memang sudah sering kita lihat tampil dan gemilang memberikan suasana jadi menarik, karena ini adalah show juga yang dilihat oleh jutaan warga bangsa kita, dan kita akan memilih yang terbaik," tutur Priyo Budi Santoso.

Debat kedua yang mengusung tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur, digelar pada 17 Februari 2019 di Hotel Sultan, Jakarta Selatan. Debat ini disiarkan oleh stasiun televisi RCTI, GTV, MNC TV, dan Inews TV. (Danang Triatmojo)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved