Sampah Terbawa Banjir Rob di Pesisir Jakarta Dibersihkan

Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Pluit dikerahkan untuk membersihkan sampah yang terbawa banjir rob.

Sampah Terbawa Banjir Rob di Pesisir Jakarta Dibersihkan
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Petugas PPSU Kelurahan Pluit membersihkan sampah yang terbawa banjir rob di pinggiran laut. 

Banjir rob yang melanda pesisir Jakarta turut membawa tumpukan sampah.

Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Pluit dikerahkan untuk membersihkan sampah

Lurah Pluit, Yoel Sibarani mengatakan belasan petugas PPSU langsung dikerahkan untuk membersihkan sampah yang terbawa banjir rob di kawasan Muara Angke dan juga Pantai Mutiara. 

“Petugas PPSU sudah di lokasi sejak pagi membersihkan sampah di pantai. Sampah-sampah itu terbawa ombak akibat naiknya permukaan air laut (rob),” kata Yoel, Senin (21/1/2019).

Menurut Yoel, para petugas PPSU tersebut akan terus dikerahkan hingga pesisir pantai bersih dari sampah. Selanjutnya penugasan diatur sedemikian rupa supaya wilayah lain tidak luput penanganannya.  

“PPSU yang bertugas kita rolling. Jadi nggak semuanya di sana, mereka membersihkan wilayah lain. Jadi nggak semuanya ngumpul di sana, kita bagi-bagi,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga berkordinasi dengan Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara terkait penanganan saluran air sebagai upaya antisipasi banjir rob melanda permukiman warga. 

“Di waduk ada rumah pompa yang mengalirkan air ke laut. Kalau aliran terhambat dipastikan ada genangan, jadi kita antisipasi agar semua saluran mengalir,” tuturnya. 

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved