Pemilu 2019

Pembersihan Spanduk dan Poster di Jalan Raya Bogor Tunggu Koordinasi Satpol PP

Komisioner Bawaslu Jakarta Timur Tami Widi Astuti mengungkapkan, penertiban alat peraga kampanye (APK) terkendala koordinasi dengan Satpol PP Ciracas.

Pembersihan Spanduk dan Poster di Jalan Raya Bogor Tunggu Koordinasi Satpol PP
Warta Kota/Rangga Baskoro
Spanduk dan poster para calon legislatif (caleg) yang semrawut dipasang di sepanjang Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com Rangga Baskoro

Warta Kota, Pasar Rebo -- Puluhan spanduk dan poster calon legislatif (caleg) penuhi ruas Jalan Raya Bogor, Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Spanduk-spanduk itu terpasang di pinggir trotoar sehingga menutupi pagar taman. Hal tersebut menghasilkan sampah visual di sudut Ibu Kota.

Komisioner Bawaslu Jakarta Timur Tami Widi Astuti mengungkapkan, penertiban alat peraga kampanye (APK) terkendala koordinasi dengan Satpol PP Ciracas.

Ia mengaku pihaknya sudah meminta Satpol PP untuk menurunkan APK tersebut namun belum terealisasi.

"Iya kita dari kemarin sudah melakukan koordinasi dengan Satpol PP di tingkat kecamatan, termasuk dengan Satpol PP Ciracas serta Satpol PP Kota Jakarta Timur satpol PP di wilayah Ciracas untuk penertiban. Kami masih menunggu konfirmasi Satpol PP siap turun bersama Pengawas Pemilu untuk penertiban APK," ujar Tami saat dikonfirmasi, Senin (21/1).

Padahal menurutnya, di kecamatan lain, APK yang memenuhi jalan yang terlihat semerawut sudah ditertibkan.

"Iya, di kecamatan-kecamatan sebelahnya sudah di turunkan tetapi di Ciracas belum bisa di turunkan, ini juga banyak yang bertanya," ucapnya.

Berdasarkan peraturan Bawaslu Pasal 26 Nomor 28, jika ditemukan APK dan bahan kampanye yang melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan, pengawas pemilu memberikan rekomendasi penurunan dan pembersihan kepada Satpol PP.

Oleh sebab itu pihaknya tak bisa langsung turun tangan menertibkan spanduk-spanduk itu.

"Masih mengalami kendala dengan Satpol PP karena penurunan atau pembersihan bahan kampanye atau APK sebagaimana dimaksud, Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten Kota, dan atau Panwascam berkoordinasi dengan Satpol PP," jelasnya. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved