Menanti Rencana Pembangunan Shelter di Bukit Duri, Wisma Ciliwung Paling Strategis

Hingga memasuki awal tahun 2019 belum mendengar kembali rencana Pemprov DKI Jakarta tentang shelter bagi warga Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan.

Menanti Rencana Pembangunan Shelter di Bukit Duri, Wisma Ciliwung Paling Strategis
Warta Kota/Joko Supriyanto
Wisma Ciliwung yang diusulkan warga bukti duri yang memenangkan class action untuk dijadikan kampung susun. 

WARTA KOTA, TEBET--- Hingga memasuki awal tahun 2019, Pemerintah Propvinsi atau Pemprov DKI Jakarta belum mendengar kembali rencana Pemprov DKI Jakarta tentang shelter atau tempat penampungan bagi warga Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan.

Shelter ini akan dibangun sebelum terbangunnya Kampung Susun yang dijanjikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Sandyawan Sumardi yang akrab disapa Sandy dari Komunitas Ciliwung Merdeka, mengatakan, sejauh ini belum ada lagi kabar terbaru pembangunan soal shelter.

Ada dua opsi, kata Sandy, pertama adalah lokasi yang diusulkan warga, yakni Wisma Ciliwung yang terletak di Jalan Bukit Duri Tanjakana.

"Lalu, opsi lain adalah lahan milik Kementerian Keuangan yang diusulkan Pemprov DKI Jakarta," ujar Sandy kepada Warta Kota, Minggu (20/1/2019).

Sandy mengatakan, lokasi paling memungkinkan untuk dibangun shelter yakni di Wisma Ciliwung di Bukit Duri Tanjakan.

"Dari sejumlah pembahasan dan pertimbangan, lokasi itu dianggap strategis karena tidak jauh dari lokasi perkampungan yang pernah digusur," jelas Sandy.

Sejauh ini warga Bukit Duri sabar menunggu informasi terbaru.

"Hanya saja, saat ini masih dalam pembahasan serius. Kami memahami Pemprov DKI Jakarta harus hati-hati agar tidak salah langkah dalam pembebasan Wisma Ciliwung. Apalagi menyangkut sertifikatifikasi lahan itu," kata Sandy.

Sandy memahami, tidak mudah bagi Pemprov DKI Jakarta membeli lahan Wisma Ciliwung yang nantinya diserahkan ke warga Bukit Duri yang terdampak program pemerintah.

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved