Masih Supermoon, Masyarakat Pesisir Jakarta Diminta Waspada Banjir Rob

Aktifitas curah hujan yang tinggi ditambah dengan fenomena supermoon, masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir Ibu Kota pun diminta untuk waspada.

Penulis: | Editor: Panji Baskhara
cnn.com
Fenomena supermoon akan terjadi malam ini, Senin (14/11/2016) 

Curah hujan yang tinggi ditambah dengan fenomena supermoon diperkirakan terjadi hingga 22 Januari 2019 mendatang.

Adanya supermoon dikhawatirkan dapat memicu banjir rob.

Maka, aktifitas curah hujan yang tinggi ditambah dengan fenomena supermoon, masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir Ibu Kota pun diminta untuk waspada.

Pengaruh supermoon ditambah dengan hujan yah mengguyur sejumlah wilayah Ibu Kota sejak Senin (21/1/2019) pagi, menyebabkan kenaikan tinggi muka air di wilayah hilir.

Seperti yang terlihat dalam riwayat tinggi muka air di Pintu Air Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara pada pagi ini, Senin (21/1/2019).

Lewat akun twitter Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, @BPBDJakarta; tinggi muka air naik sangat cepat dalam waktu empat jam, terhitung mulai dari pukul 05.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB.

Kenaikan tinggi muka air di pintu air yang berbatasan langsung dengan laut itu terekam mencapai 80 cm, yakni berada pada tinggi 153 cm pada pukul 05.00 WIB, kemudian naik sekitar 40 cm pada pukul 06.00 WIB. Kenaikan sekitar 10 cm terjadi hingga mencapai ketinggian 260 cm pada pukul 09.00 WIB.

Kenaikan tinggi muka air tersebut secara langsung meningkatkan status pintu air Pasar Ikan menjadi Siaga 2. Masyarakat pun dihimbau waspada banjir rob.

Supermoon

Imbauan serupa disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan pada Sabtu (19/1/2019) lalu.

Lewat akun Instagramnya @aniesbaswedan; dirinya mengingatkan agar masyarakat waspada akan bahaya banjir rob yang mengancam selama fenomena supermoon.

"Pada tanggal 21 Januari 2019 mendatang fenomena gerhana bulan akan kembali terjadi. Gerhana bulan ini sebenarnya dapat dilihat dari negara manapun saat malam hari dan langit cerah. Tapi di beberapa daerah, gerhana bulan akan terlihat secara utuh," tulis Anies.

Fenomena tersebut, lanjutnya, berpotensi menimbulkan air pasang.

Gerhana tersebut tidak dapat dilihat dari wilayah Indonesia.

Perlu diketahui bahwa pada tahun ini akan terjadi lima kali fenomena gerhana, yaitu gerhana matahari tiga kali dan gerhana bulan dua kali.⁣

Pada peristiwa supermoon, bulan berada pada titik paling dekat dengan bumi.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved