VIDEO: Pemukiman Kumuh Petamburan, Masih Menunggu Janji Rusun

473 kepala keluarga (KK) harus tinggal di permukiman kumuh di sekitar Rusun Petamburan.

Warga korban penggusuran di Petamburan, Jakarta Pusat masih menunggu janji Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk pembayaran uang kompensasi dan pemberian rumah susun sesuai dengan janji sebelum penggusuran pada tahun 1997.

Sambil menunggu pembayaran yang tak kunjung terealisasi itu, 473 kepala keluarga (KK) harus tinggal di permukiman kumuh di sekitar Rusun Petamburan.

Mereka harus tinggal di rumah-rumah petak semipermanen berukuran 4x6 meter. Ada rumah petak yang dibangun di atas gorong-gorong saluran air, samping rel kereta api, dan lorong tangga Rusun Petamburan.

Rumah petak itu dihuni sekitar 4-5 anggota keluarga. Mereka pun harus tidur secara berdempetan.

Saat hujan turun, jalan setapak pun berubah menjadi jalanan yang becek.

Kondisi serupa juga terlihat di samping rel-rel kereta api. Warga membangun rumah semipermanen yang hanya berjarak sekitar lima meter dari rel kereta api.

Saat kereta rel listrik (KRL) melintas, hempasan angin dari KRL sangat terasa. Kondisi ini sangat membahayakan anak-anak kecil yang tinggal di sekitar rel kereta api itu.

Ada juga rumah yang dibangun di lorong tangga Rusun Petamburan.

Rumah itu dibangun vertikal sehingga harus menunduk saat masuk ke dalamnya. Ketika ada warga yang melintas di atas tangga, getaran terasa di bagian dalam rumah.

Di tengah hiruk pikuk kehidupan Ibu Kota Jakarta, masih ada warga yang membutuhkan perhatian Pemprov DKI.

Warga Petamburan yang jadi korban penggusuran itu bertekad terus berjuang menagih janji Pemprov DKI untuk pembayaran uang ganti rugi sebesar Rp 4,73 miliar.

Selain itu, Pemprov DKI juga dituntut memberikan jatah unit rumah susun milik kepada warga Petamburan korban penggusuran 22 tahun lalu itu.

KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved