Ratusan Lansia di Bukit Duri Dapat Layanan Kesehatan Gratis

Ratusan warga berusia lanjut berbondong-bondong datang ke panggung di Jalan Inspeksi Ciliwung, RT06/15 Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu.

Ratusan Lansia di Bukit Duri Dapat Layanan Kesehatan Gratis
Warta kota/Ferryanto Hadi
Ratusan warga berusia lanjut berbondong-bondong datang ke sebuah panggung di Jalan Inspeksi Ciliwung, RT06/15 Kelurahan Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (20/1/2019). 

RATUSAN warga berusia lanjut berbondong-bondong datang ke sebuah panggung di Jalan Inspeksi Ciliwung, RT06/15 Kelurahan Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (20/1/2019).

Mereka ingin mendapatkan pelayanan kesehatan yang digelar oleh Gema Mandala (GEMA) Berkarya DKI Jakarta, Yayasan Dharmais dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan As-Syafi'iyah.

Ketua GEMA Beekarya DKI, Gaeandra Kartasasmita mengungkapkan, bakti sosial tersebut sebagai salah satu wujud keterlibatan langsung generasi milenial kepada para lansia atau manula.

Menurutnya, dipilihnya kawasan Bukit Duri sebagai lokasi baksos, karena di kawasan itu banyak lansia yang memerlukan bantuan.

Keberadaan lansia tersebut memanng masih banyak yang tinggal dengan anaknya. Namun, kata Gaendra, kondisi ekonomi mereka sangat memprihatinkan.

Mereka pun belum banyak yang mendapatkan Kartu Jakarta Lansia.

"Kami sebagai generasi milenial tidak ingin hanya berpangku tangan saja dalam melihat kondisi sosial dan ekonomi masyarakat yang masih terjadi ketimpangan. Kami ingin berkontribusi nyata untuk membantu mereka yang membutuhkan," ungkap Gaendra ditemui di lokasi baksos, Minggu (20/1/2019).

Nurfitria Farhana, perwakilan dari Stikes As-Syafi'iyah menyebut, pihaknya mengirimkan mahasiswa-mahasiswi terbaiknya untuk memberikan pelayanan cek kesehatan kepada warga.

"Ini bentuk keperdulian kami bersama untuk memastikan lansia di sini sehat. Cek kesehatan bukan berarti sakit. Para lansia bisa mengecek gula darah, kolesterol dan tensi. Tidak hanya mengecek, kami juga berikan edukasi kepada lansia terkait pola hidup sehat," ungkap putri dari tokoh perempuan Tuti Alawiyah ini.

Selain cek kesehatan, para lansia itu juga mendapatkan bingkisan berupa vitamin dan suplemen untuk memberikan asupan gizi yang lebih kepada mereka.

Wajah-wajah bahagia terpancar dari para lansia yang dengan antusias datang ke kegiatan itu.

Sebagian datang bersama tetangganya sesama lansia, adapula yang diantarkan oleh keluarga mereka.

Maringan tanjung (68) mengaku senang bisa mendapatkan layanan kesehatan gratis serta sejumlah bingkisan vitamin dan suplemen.

"Saya sudah tua, katanya harus rutin cek gula darah sama kolesterol biar bisa mengatur pola makan. Makanya bersyukur ada kegiatan seperti ini di sini," ungkap Maringan yang kini tinggal mengontrak karena terkena gusuran dua tahun lalu.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved