Holland Scholarship Day 2019 Pikat Pencari Beasiswa

Faktor-faktor penyebab kegagalan beasiswa, umumnya disebabkan ketidaksiapan dan kekurang seriusan.

Holland Scholarship Day 2019 Pikat Pencari Beasiswa
Warta Kota/Dody Hasanuddin
Holland Scholarship Day (HSD) 2019 yang digelar di Erasmus Huis, Kedutaan Besar Belanda, Kuningan, Jakarta Pusat, telah memikat 1.000 lebih pencari beasiswa. 

HOLLAND Scholarship Day (HSD) 2019 yang digelar di Erasmus Huis, Kedutaan Besar Belanda, Kuningan, Jakarta Pusat, telah menarik pencari beasiswa ke luar negeri.

Perhelatan tahunan keenam tersebut diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia hari ini, Sabtu (19/1).

Pesta Hari Beasiswa Belanda itu, juga menandai 20 tahun sudah perjalanan program beasiswa StuNed dari Pemerintah Kerajaan Belanda untuk Republik Indonesia.

Antusiasme pengunjung pada acara yang menyediakan informasi dan konsultasi langsung tentang berbagai pilihan beasiswa studi ke Belanda itu, disambut baik oleh Direktur Nuffic Neso Indonesia, Peter van Tuijl, dan juga Kepala Bagian Politik Kedutaan Besar Belanda untuk Indonesia, Roel van der Veen.

Pasalnya, tercatat Holland Scholarship Day 2019 telah memikat 1.000 lebih pengunjung.

Apalagi, cukup banyak pilihan bagi pencari beasiswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi ke negeri Kincir Angin itu.

Ada skema beasiswa yang pendanaannya bersumber langsung dari pemerintah Belanda, seperti StuNed, Orange Tulip Scholarship (OTS), Holland Scholarship, dan juga Orange Knowledge Programme (OKP).

Dari Indonesia sendiri juga tidak kalah banyaknya, ada LPDP, program BUDI dari Kemenristekdikti, termasuk juga program 5000 doktor dari Kemenag, dan juga beasiswa dari institusi serta organisasi lainnya.

Peter van Tuijl mengatakan, Belanda memiliki nilai lebih sebagai negara tujuan studi bagi pelajar Indonesia, dikarenakan faktor sejarah, budaya, dan juga hubungan bilateral yang erat dan komprehensif. Hal ini memberikan suatu zona nyaman bagi pelajar-pelajar Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Roel van der Veen, yang sekaligus membuka secara resmi
pelaksanaan HSD 2019, menekankan hubungan erat antara Belanda-Indonesia di bidang pendidikan sudah dirintis sejak zaman pra kemerdekaan.

Halaman
12
Penulis: Dody Hasanuddin
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved