Pilpres 2019

Capres-cawapres Belum Mampu Jelaskan Isu-isu Utama pada Debat Pertama, KPU Menolak Disalahkan

KPU menolak disalahkan atas ketidakmampuan para pasangan capres-cawapres dalam menjelaskan isu-isu utama, pada debat pertama Pilpres 2019.

Capres-cawapres Belum Mampu Jelaskan Isu-isu Utama pada Debat Pertama, KPU Menolak Disalahkan
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Capres-Cawapres 01 Joko Widodo-Maruf Amien dan Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, dan Ketua KPU Arief Budiman, saat akan dimulainya Debat Perdana Capres dan Cawapres di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019). 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) menolak disalahkan atas ketidakmampuan para pasangan capres-cawapres dalam menjelaskan isu-isu utama, pada debat pertama Pilpres 2019.

Hal tersebut dinyatakan anggota KPU Wahyu Setiawan dalam jumpa pers di sebuah hotel di Jalan Sultan Agung, Guntur, Setiabudi, Jakarta Selatan, Minggu (20/1/2019).

Wahyu Setiawan menjelaskan, masyarakat harus bisa memahami, KPU merupakan penyelenggara Pemilu, bukan kontestan.

Mantan Komisioner Ungkap Sandiaga Uno Bawa Catatan Sebesar Diktat Saat Debat, KPU Diminta Mohon Maaf

Jadi, menurut KPU, masyarakat yang menginginkan para paslon untuk bisa lebih baik menjelaskan isu-isu utama dalam acara Debat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Pemilu 2019 berikutnya, sampaikanlah kepada tim kampanye kedua paslon.

"Sebenarnya yang dikritik itu KPU atau performa paslon? Itu dua hal yang berbeda. Kalau misalnya paslon dirasa dipandang belum mampu menjelaskan isu-isu utama, itu kan bukan salah KPU," kata Wahyu Setiawan Setiawan.

Meski begitu, kata Wahyu Setiawan, KPU tetap menerima seluruh kritikan yang datang dari masyarakat terhadap penyelenggaraan, namun tak semua kritik dan saran diakomodasi.

Besok KPU Putuskan Tak Lagi Berikan Kisi-kisi Pertanyaan di Debat Kedua dan Seterusnya

Oleh sebab itu, KPU mengevaluasi debat pertama, untuk penyelenggaraan acara debat berikutnya yang mudah-mudahan lebih baik, dengan memperhatikan kritik dan saran dari masyarakat.

Sebelumnya, debat pertama Pilpres 2019 mendapatkan kritik dan saran dari masyarakat, khususnya dari beberapa ahli. Kritikan tersebut di antaranya mengenai kurang mampunya KPU dalam menggali isu-isu utama dari tema debat yang diselenggarakan. (Lendy Ramadhan)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved