Sampah

Bekasi Desak Swasta Uji Coba Listrik Bersumber dari Sampah Dilakukan Maksimal

Bekasi mendesak PT Nusa Wijaya (NW) Abadi, pengelola sampah menjadi tenaga listrik agar segera menguji coba mesinnya secara maksimal.

Bekasi Desak Swasta Uji Coba Listrik Bersumber dari Sampah Dilakukan Maksimal
Warta Kota/Muhammad Azzam
Ilustrasi sejumlah pemulung mencari sampah yang bernilai ekonomis di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Kota Bekasi. 

WARTA KOTA, BEKASI ---  Pemerintah Kota Bekasi mendesak PT Nusa Wijaya (NW) Abadi, pengelola sampah menjadi tenaga listrik agar segera menguji coba mesinnya secara maksimal.

Alasannya, rencana yang dibiayai pihak swasta sejak 2015 tersebut tidak kunjung dilakukan secara optimal.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Jumahana Luthfi mengatakan, pengoperasian mesin pengolah energi yang dilakukan pihak swasta hanya sebatas beberapa jam.

Pemerintah, kata dia, menginginkan agar pengoperasian mesin dilakukan selama 24 jam atau beberapa hari untuk mengetahui kemampuan mesin dalam mengolah tumpukan sampah menjadi energi listrik.

Pemkot Bekasi Koordinasi dengan PLN untuk Jual Listrik dari Sampah

“Keinginan ini sudah kami sampaikan lewat surat yang dilayangkan kepada perusahaan itu pada pekan lalu,” kata Luthfi, Minggu (20/1/2019).

Melalui surat itu, kata Luthfi, pemerintah juga meminta agar tahun 2019 mereka bisa segera mengubah sampah menjadi listrik sehingga pemerintah bisa mengevaluasi perusahaan itu.

“Evaluasi sebetulnya rutin kami lakukan tapi kalau sampai 2019 belum juga dioperasikan bisa menjadi catatan kami kepada yang bersangkutan,” katanya.

Menurut dia, desakan pemerintah kepada pihak swasta sebetulnya dianggap wajar.

Selain sudah terlalu lama, tumpukan sampah di Tempat Penampungan Akhir (RPA)  Sumur Batu juga sudah hampir melebihi kapasitas.

Ketinggian sampah di Sumur Batu  mencapai 20-30 meter dari permukaan tanah.  Setiap hari volume sampah yang masuk ke TPA Sumur Batu mencapai 900 ton.

Pemkot Bekasi Bakal Perluas TPA Sumur Batu Imbas Sampah yang Tak Tertampung Lagi

Halaman
123
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved