News

Menciptakan Lingkungan Pengadilan yang Bebas Korupsi

Pencanangan wilayah bebas korupsi di Pengadilan Negeri Depok, bertujuan agar seluruh pegawai yang ada di PN Depok bersih dan tidak terlibat.

Menciptakan Lingkungan Pengadilan yang Bebas Korupsi
Warta Kota
Wali Kota dan Kepala Pengadilan Negeri, dalam kesempatan itu hadir pula Wakil Wali Kota Depok, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Depok, Kapolresta Depok, serta Komandan Kodim 0508/Depok. 

Depok, Warta Kota. Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Depok mencanangkan Pembangunan Zona Integritas di lingkungan Pengadilan Negeri Kota Depok, Rabu (16/1/2019). Hal itu dilakukan sebagai bentuk kebulatan tekad untuk menciptakan, salah satunya, lingkungan pengadilan yang bebas korupsi.

Wali Kota dan Kepala Pengadilan Negeri, dalam kesempatan itu hadir pula Wakil Wali Kota Depok, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Depok, Kapolresta Depok, serta Komandan  Kodim 0508/Depok.
Wali Kota dan Kepala Pengadilan Negeri, dalam kesempatan itu hadir pula Wakil Wali Kota Depok, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Depok, Kapolresta Depok, serta Komandan Kodim 0508/Depok. (Warta Kota)

"Pencanangan wilayah bebas korupsi di Pengadilan Negeri Depok, bertujuan agar seluruh pegawai yang ada di PN Depok bersih dan tidak terlibat dalam tindak pidana korupsi," ujar Sobandi, Ketua Pengadilan Negeri Depok.

Dalam acara itu, Sobandi mengimbau seluruh pegawai Pengadilan Negeri Depok untuk turut serta mendukung program ini. Setiap pegawai harus menerapkan prinsip zero tolerance terhadap tindak pidana korupsi.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris Abdul Shomad, dalam pernyataannya, berharap pencanangan Pembangunan Zona Wilayah Bebas Korupsi harus menjadi pedoman bagi seluruh abdi negara dalam menjalankan tugas sehari-hari. Dia juga meminta agar setiap pegawai meningkatkan kinerjanya dalam masalah pelayanan hukum.

"Tentu kami mendukung dan memberikan apresiasi dengan adanya deklarasi Zona Integritas. Ini adalah satu hal yang penting untuk dilakukan oleh instansi negara. Makna integritas sendiri terikat dengan komitmen sebagai pejabat," katanya.

Menurut Wali Kota, deklarasi tersebut merupakan salah satu upaya mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih, yaitu Wilayah Bebas Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

"Kegiatan tersebut memiliki nilai strategis dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM)," ujar Idris.

Idris berpendapat, integritas dibangun dari beberapa unsur. Mulai dari ikrar, niat, tekad, empati, gagah, dan rajin yang harus dilaksanakan dalam mengemban jabatan. Ikrar ini kemudian terejawantahkan dalam niat pengabdian yang tulus, sehingga optimal saat memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selain Wali Kota dan Kepala Pengadilan Negeri, dalam kesempatan itu hadir pula Wakil Wali Kota Depok, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Depok, Kapolresta Depok, serta Komandan Kodim 0508/Depok. (gps)
Area lampiran

Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved