Lelang Barang Sitaan KPK, Tanah Lutfhi Hasan Ishaaq di Leuwiliang Laku Rp 1 Miliar

KPK telah melelang barang rampasan atas nama terpidana Luthfi Hasan. Barang rampasan yang telah laku dilelang yakni satu hamparan tanah atas namanya.

Lelang Barang Sitaan KPK, Tanah Lutfhi Hasan Ishaaq di Leuwiliang Laku Rp 1 Miliar
Antara Foto/Indrianto Eko Suwarso
PETUGAS Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengunjungi rumah milik terpidana kasus korupsi impor daging sapi, Luthfi Hasan Ishaaq, yang disita KPK di Perumahan Rumah Bagus Residence Blok B1, Jalan Kebagusan Dalam I, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (10/10/2018). 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melelang barang rampasan atas nama terpidana Luthfi Hasan Ishaaq.

Barang rampasan yang telah laku dilelang yakni satu hamparan tanah dengan Sertifikat Hak Milik (SHM) Nomor 79 dan 86/Leuwimekar dengan luas total 11.360 M2 terletak di Desa Leuwimekar, Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, pelaksanaan lelang rampasan tanpa kehadiran peserta lelang dengan menggunakan aplikasi lelang e-auction. Pelaksanaan lelang melalui perantaraan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bogor.

Ikut Cukur Massal di Garut, Jokowi Ajak Teten Masduki: Pak Teten?

“Nilai laku lelang Rp 1.051.000.000 atau lebih tinggi dari harga limit (Rp926.295.000),” kata Febri melalui keterangan tertulis, Sabtu (19/1/2019).

Hasil lelang ini, kata Febri, akan masuk ke kas negara.

Febri menuturkan, untuk tanah dan bangunan lain akan dilelang kembali atau dilakukan tindakan lain sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Menurut dia, lelang barang rampasan itu sebagai bagian dari upaya mengembalikan aset yang dikorupsi kepada masyarakat melalui mekanisme keuangan negara.

“Kami harap ini jadi pembelajaran bagi para Penyelenggara Negara dan pihak terkait agar tidak melakukan korupsi,” katanya.

Febri menuturkan, seluruh hasil korupsi yang dinyatakan terbukti di persidangan akan dirampas untuk negara, sehingga uangnya kembali ke masyarakat melalui mekanisme keuangan negara.

“Jadi, inti dari lelang barang rampasan adalah untuk mengembalikan uang atau barang yang pernah dikorupsi para pejabat negara kembali pada pemilik sesungguhnya, dalam hal ini masyarakat,” kata Febri.

Sebagai informasi, proses lelang dilakukan berdasarkan Pasal 273 ayat (3) KUHAP dan Pasal 18 ayat 1 (a) Undang-Undang 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Luthfi tersandung kasus suap pengaturan kuota impor daging sapi.

Lebih lanjut perihal informasi lelang barang korupsi tersebut dapat dilihat di website KPK dengan alamat https://www. kpk.go.id/id/publikasi/pengumuman-lelang-barang-rampasan/719-pengumuman-i-lelang-eksekusi-barang-rampasan. (Reza Jurnaliston)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lelang Barang Rampasan KPK, Tanah Milik Lutfhi Hasan Laku Rp 1 Miliar"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved