News

Abu Vulkanik yang Dijadikan Media Tanam akan Dibagikan ke Warga

media tanam campuran material abu vulkanik dan pupuk kandang dengan perbandingan satu banding satu itu, akan dibagikan kepada warga Pulau Tidung.

Abu Vulkanik yang Dijadikan Media Tanam akan Dibagikan ke Warga
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Material abu vulkanik di Pulau Tidung dijadikan media tanam, Kamis (17/1/2019). 

KEPULAUANSERIBU, WARTA KOTA. Material abu vulkanik Gunung Anak Krakatau di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu dimanfaatkan menjadi media tanam yang selanjutnya akan dibagikan kepada warga.

Material abu vulkanik di Pulau Tidung dijadikan media tanam, Kamis (17/1/2019).
Material abu vulkanik di Pulau Tidung dijadikan media tanam, Kamis (17/1/2019). (Warta Kota/Junianto Hamonangan)

Lurah Pulau Tidung Cecep Suryadi mengatakan saat ini ada sekitar 27 karung material abu vulkanik yang disimpan di belakang kantor kelurahan. Namun sejak satu minggu lalu, material itu dimanfaatkan menjadi media tanam.

“Jadi memang arahannya jangan dibuang begitu saja, kita simpan siapa tahu dipakai untuk penelitian. Dan setelah sekian waktu tidak ada kabar, daripada dibuang, akhirnya kita manfaatkan jadi media tanam,” katanya, Kamis (17/1).

Selanjutnya media tanam campuran material abu vulkanik dan pupuk kandang dengan perbandingan satu banding satu itu, akan dibagikan kepada warga Pulau Tidung supaya bisa dimanfaatkan.

“Nanti kita bagikan ke warga karena media tanam di Kepulauan Seribu terbatas karena tanah mengandung pasir dan kadar garamnya tinggi. Jadi nanti kita bagikan kepada warga,” ucapnya.

Pembagian media tanam tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat setelah dicampurkan terlebih dahulu. Sehingga diharapkan ada 4-5 pohon produktif yang ditanam di setiap halaman rumah warga.

“Setelah kita campur yang siap tanam, kita berikan ke warga. Jadi media tanamnya sudah dalam plastik, warga tinggal nancepin pohonnya saja. Kalau mau tanam cabe silakan, jahe silakan,” ujarnya.

Meski demikian hingga saat ini belum ada penelitian menunjukkan material abu vulkanik bisa menjadi media tanam yang baik. Namun hal itu tidak mengurangi antusias proses ujicoba tersebut.

“Belum ada penelitian, cuma level ujicoba aja. Kita ujicoba berhasil, ya sudah kita lanjutin. Alhamdulillah bagus,” ungkap Cecep. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved