Tes Sinyal Proyek Palapa, Menkeu Sebut KPBU Solusi Kejar Ketertinggalan Infrastruktur

Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama Menkominfo Rudiantara melakukan tes sinyal Proyek Palapa Ring Tengah di Tahuna, Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara

Tes Sinyal Proyek Palapa, Menkeu Sebut KPBU Solusi Kejar Ketertinggalan Infrastruktur
istimewa
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) Armand Hermawan, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Bupati Kepulauan Jabes Ezar Gaghana saat Peresmian Pengoperasian Proyek Palapa Ring Tengah di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Jumat (18/1). 

Menteri Keuangan Sri Mulyani bersama Menkominfo Rudiantara melakukan tes sinyal Proyek Palapa Ring Tengah di Tahuna, Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara, Jumat (18/1/2019).

 Sri Mulyani mengatakan proyek ini merupakan bukti pemerintahan Presiden Joko Widodo yang fokus membangun Indonesia dari pinggiran dan menyatukannya.

Proyek Palapa Ring adalah langkah pembangunan infrastruktur fiber optik sebagai tulang punggung jaringan komunikasi.

Dalam siaran persnya, Menkeu mengatakan Proyek Palapa Ring dibangun dengan Skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha.

Skema ini terbukti efektif untuk mengejar ketertinggalan infrastruktur tanpa harus terkendala keterbatasan APBN ataupun berhutang.

“Membangun infrastruktur sekarang ini bukan hanya dari APBN tapi juga memanfaatkan skema yang ada. Kami memanfaatkan kebijakan dan instrumen fiskal yang ada untuk mengejar ketertinggalan infrastruktur,” kata Sri Mulyani

Salah satu instrumen untuk membantu Kementerian dan Pemerintah Daerah untuk mengejar pembangunan infrastruktur yakni PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia. BUMN di bawah Kemenkeu yang memberikan jaminan pemerintah terhadap proyek KPBU.

Penjaminan dari PII itu memberikan kepastian untuk pembayaran. Karena itulah swasta bisa lebih nyaman ikut serta membangun infrastruktur.

“Kalau harus menunggu kemampuan APBN itu artinya harus menunggu sampai 15 tahun untuk bisa mewujudkan Proyek Palapa Ring. Dengan adanya KPBU dan Penjaminan dari PII maka sekarang ini sudah bisa diwujudkan dan dirasakan manfaatnya. Ini merupakan wujud Nawa Cita membangun seluruh pelosok negeri,” katanya.

Kemenkeu sendiri sudah bisa merasakan manfaat dari kehadiran akses internet cepat ini. Saat ini pelayanan pajak di Kepulauan Sangihe bisa terkoneksi langsung dengan pusat di Jakarta.

Halaman
12
Editor: Ahmad Sabran
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved