Airin Rachmi Diany Keluarkan Instruksi Wali Kota Hindari Penggunaan Plastik

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany ikut menyoroti permasalah lingkungan tersebut.

Airin Rachmi Diany Keluarkan Instruksi Wali Kota Hindari Penggunaan Plastik
Wartawan Warta Kota/Zaki Ari Setiawan
Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany setelah acara Peletakan Batu Pertama Masjid Abbu Bakar Shiddiq, Serua, Ciputat, Tangerang Selatan, Rabu (16/1/2019). 

INDONESIA disebut sebagai penyumbang sampah plastik terbanyak kedua. Kebijakan untuk menekan penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari pun mulai bergulir.

Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany ikut menyoroti permasalah lingkungan tersebut. Ia akhirnya mengeluarkan instruksi Wali Kota Nomor 660.2/143/DLH terkait hal itu.

Hal itu ia sampaikan dalam deklarasi bersama pengurangan sampah plastik yang dilaksanakan bersama para ASN di Lapangan Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (17/1/2019).

Kepada Luhut Panjaitan, Presiden Bank Dunia Mengaku Mundur karena Ingin Bawa Investasi ke Indonesia

"Maka saya meminta kepada seluruh OPD dalam melaksanakan setiap kegiatan seperti rapat dan sebagainya, baik di dalam gedung maupun di luar gedung, menghindari penggunaan bahan atau material tersebut," kata Airin Rachmi Diany.

Airin Rachmi Diany juga mengeluarkan surat edaran lainnya bernomor 660.13067-DLH/2018, yang berisi imbauan kepada masyarakat dan para pelaku usaha untuk mengurangi sampah plastik.

"Kepada OPD terkait yaitu DLH (Dinas Lingkungan Hidup) dan juga jajaran kewilayahan, saya meminta surat edaran ini untuk disosialisasikan," tuturnya.

Rumah Ketua KPK Agus Rahardjo Sedang Direnovasi, CCTV Tak Berfungsi Sejak Dua Bulan Lalu

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie menambahkan, instruksi Wali Kota ini dapat dimulai dengan mengganti kebiasaan minuman botol plastik saat rapat.

“Deklarasi ini merupakan internal yang dilakukan ASN Tangsel. Diharapkan bisa secara bertahap mengurangi ketergantungnya kepada produk plastik, diawali saat rapat tidak lagi disediakan minuman botol dari plastik, digantinya dengan dispenser ada kopi dan lainnya,” paparnya. (*)

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved