Prabowo Bilang Indonesia Cuma Mampu Perang Tiga Hari, Kata Menteri Pertahanan Bisa Seribu Tahun

Ryamizard Ryacudu mengatakan, angkatan bersenjata Indonesia saat ini mampu berperang selama seribu tahun.

Prabowo Bilang Indonesia Cuma Mampu Perang Tiga Hari, Kata Menteri Pertahanan Bisa Seribu Tahun
TRIBUNNEWS/LENDY RAMADHAN
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu memberikan keterangan kepada para awak media, mengenai pelecehan yang dilakukan perwira pertama militer Australia kepada Indonesia, di Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Kamis (5/1/2016). 

MENTERI Pertahanan Ryamizard Ryacudu membantah pernyatan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto, yang menyatakan Indonesia hanya mampu bertahan tiga hari jika terlibat perang.

Ryamizard Ryacudu mengatakan, angkatan bersenjata Indonesia saat ini mampu berperang selama seribu tahun.

“Kita bisa perang selama seribu tahun kok, TNI mampu, kita semua mampu berperang seribu tahun terus menerus,” ujar Ryamizard Ryacudu, ditemui di Kantor Kemenhan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (16/1/2019).

Anies Baswedan Cabut Subsidi Parkir IRTI, Pegawai Pemprov DKI Bergerilya Cari di Gedung Sekitar

Ryamizard Ryacudu menjelaskan, kemampuan Indonesia berperang selama seribu tahun itu karena menerapkan sistem perang rakyat semesta.

“Kita bisa seribu tahun berperang terus karena terapkan perang rakyat semesta. Kita bisa gunakan apa saja yang ada di Indonesia, makanan dari alam Indonesia juga bisa,” tegasnya.

Menhan mengakui bahwa dia pernah mengucapkan apa yang disampaikan Prabowo Subianto pada pidato kebangsaan Senin lalu.

Prabowo Yakin Indonesia Mampu Produksi Mobil Sendiri, Bukan Mobil Etok-etok Alias Pura-pura

Namun, hal tersebut ia katakan pada sekitar tahun 2005 sampai 2006, di mana kondisinya sudah berbeda dengan sekarang. Apalagi, menurutnya hal itu diungkapkan dalam konteks ketersediaan bahan bakar minyak.

“Jadi itu pernah saya katakan setelah diskusi dengan ahli-ahli minyak. Mereka bicara seperti itu dan saya mendengarkan. Memang pada saat itu negara sedang dilanda kelangkaan minyak. Kalau tiga hari tiga malam kapal, pesawat, tank kita jalan terus, maka akan habis minyak itu,” jelasnya.

“Jadi jangan dipotong-potong ya pernyataan saya. Kalau dibilang hanya bertahan tiga hari tidak benar, tapi kita bisa berperang seribu tahun,” sambungnya.

Sebelumnya pada pidato kebangsaan, Prabowo Subianto menyatakan angkatan bersenjata Indonesia saat ini hanya bisa melaksanakan perang dalam waktu tiga hari. Prabowo Subianto menyatakan hal itu ia dengar langsung dari Menhan yang saat ini menjabat, yakni Ryamizard Ryacudu. (Rizal Bomantama)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved