Lurah Manfaatkan 27 Karung Material Abu Vulkanik Gunung Anak Krakatau sebagai Media Tanam

Material abu vulkanik Gunung Anak Krakatau yang berada di Pulau Tidung, coba dimanfaatkan untuk menjadi media tanam berbagai jenis pohon.

Lurah Manfaatkan 27 Karung Material Abu Vulkanik Gunung Anak Krakatau sebagai Media Tanam
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Sejumlah karung berisi material abu vulkanik Gunung Anak Krakatau dimanfaatkan warga untuk media tanaman. 

Laporan Wartawan Warta Kota, Junianto Hamonangan

KEPULAUAN SERIBU, WARTA KOTA -- Material abu vulkanik Gunung Anak Krakatau yang berada di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu coba dimanfaatkan untuk menjadi media tanam berbagai jenis pohon.

Lurah Pulau Tidung Cecep Suryadi mengatakan pemanfaatan abu vulkanik menjadi media tanam sudah dilakukan sejak satu minggu lalu.

Pasalnya abu vulkanik di Pulau Tidung jumlahnya ada sekitar 27 karung.

“Tadinya mau dijadiin urukan tapi saya pikir sayang, akhirnya saya coba untuk dimanfaatkan jadi media tanam, media tanam di Pulau Tidung kan susah, harus didatangkan dari darat, ya sudah saya manfaatkan,” ucapnya, Kamis (17/1).

Hanya saja sebelum dimanfaatkan menjadi media tanam, material abu vulkanik itu harus direndam terlebih dahulu di air tawar sekitar lima menit.

Hal itu untuk menghilangkan kadar garam pada material abu vulkanik.

Sejumlah anggota PKK dan petugas PPSU saat mengisi pot tanaman dengan material abu vulkanik Gunung Anak Krakatau.
Sejumlah anggota PKK dan petugas PPSU saat mengisi pot tanaman dengan material abu vulkanik Gunung Anak Krakatau. (Warta Kota/Junianto Hamonangan)

“Lalu saya campur dengan kompos gitu, perbandingannya satu banding satu. Lalu tinggal dimasukin ke tanaman pohon yang ingin kita tanam,” katanya.

Selama masa ujicoba sejak satu minggu lalu, pohon yang ditanam dengan memakai media tanam campuran abu vulkanik dan pupuk kandang itu di antaranya lidah buaya, kayu angin, jahe merah dan lain-lain.

“Alhamdulillah diujicoba seminggu, tumbuh semua, nggak ada yang layu. Saya pikir itu alternatif saja daripada dibuang untuk tanah urukan, saya jadikan media tanam,” katanya.

Penanaman pohon dengan media tanam alternatif tersebut melibatkan sekitar 20 orang yang terdiri dari anggota PKK dan petugas PPSU.

Tanaman itu nantinya akan ditempatkan di permukiman warga di Pulau Tidung.

Erupsi Gunung Anak Krakatau mengakibatkan wilayah Kepulauan Seribu seperti Pulau Tidung dan pulau-pulau di sekitarnya diterjang material abu vulkanik pada Jumat (28/12) silam. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved