Pemprov DKI Berusaha Kurangi Sampah, Anies Baswedan Tanya Peran Masyarakat

Anies Baswedan mencatat sejumlah hal penting pasca kunjungannya ke TPST Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (15/1/2019) kemarin.

Pemprov DKI Berusaha Kurangi Sampah, Anies Baswedan Tanya Peran Masyarakat
Instagram
Anies Baswedan ingin TPST Bantargebang menjadi pusat studi pengelolaan sampah modern yang ramah lingkungan dan ramah sosial.⁣⁣ 

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan mencatat sejumlah hal penting pasca kunjungannya ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (15/1/2019) kemarin.

Namun, dibalik upaya yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta, hal terpenting adalah peran masyarakat dalam mengurangi sampah.

Imbauan tersebut disampaikannya lewat akun Instagramnya @aniesbaswedan; pada Selasa (15/1/2019) malam.

Dirinya mengaku tergerak untuk menyehatkan TPST Bantargebang yang diketahui sudah beroperasi selama 30 tahun.

Sesuai dengan janji politiknya, dirinya kini tengah merevitalisasi TPST Bantargebang, sehingga lokasi pembuangan sampah akhir Ibukota itu tidak menjadi monumen, dengan gunungan sampah menjulang tinggi sebagai prasastinya.

"Di tahun 2019 ini, usia TPST Bantargebang telah memasuki masa operasinya ke-30 tahun. Usia yang cukup tua bagi operasional sebuah TPST di Indonesia. Kami tidak ingin TPST Bantargebang hanya menjadi monumen gunung sampah hingga 30 tahun lagi, tapi harus bisa menjadi pusat studi pengelolaan sampah modern yang ramah lingkungan dan ramah sosial," tulis Anies.

⁣⁣
Bukan hanya itu, kecemasan utama Anies justru merujuk pada daya tampung TPST Bantargebang yang hampir penuh saat ini.

Pasalnya, jumlah sampah yang tertimbun di TPST Bantargebang saat ini mencapai 39 juta ton atau hanya tersisa sebanyak 10 juta ton dari total daya tampung sampah maksimal 49 juta ton.

"Kapasitas TPST Bantargebang diperkirakan sebesar 49 juta ton yang mana saat ini sudah terisi 39 juta ton, sehingga hanya tersisa 10 juta ton lagi yang diprediksi di tahun 2021 sudah akan penuh," jelasnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, untuk mengatasi masalah sampah di DKI Jakarta, Pemprov DKI telah menetapkan kegiatan strategis daerah khususnya untuk Dinas Lingkungan Hidup, yaitu pembangunan ITF, pengurangan sampah di sumber, dan optimalisasi TPST Bantar Gebang.⁣⁣
⁣⁣
Pemprov DKI Jakarta bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Republik Indonesia untuk memanfaatkan timbunan sampah di TPST Bantargebang menjadi energi listrik.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved