Otomotif

15 Tahun Toyota Avanza Tetap Gunakan Penggerak Roda Belakang, Ini Alasannya

Penggerak roda belakang dipertahankan selama 15 tahun, sejak meluncur pertama Desember 2003 hingga 2019 ini dengan mengaspalnya Toyota New Avanza.

15 Tahun Toyota Avanza Tetap Gunakan Penggerak Roda Belakang, Ini Alasannya
Kompas.com/Aditya Maulana)
Toyota New Avanza resmi diluncurkan Selasa (15/1/2019). 

TOYOTA Avanza merupakan model di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) yang mengusung sistem penggerak roda belakang (rear wheel drive).

Kondisi itu tetap dipertahankan selama 15 tahun, dari pertama meluncur pada Desember 2003 hingga 2019 ini dengan diluncurkannya Toyota New Avanza. Padahal, kompetitor lain di kelas sama cukup banyak yang sudah menggunakan penggerak roda depan (front wheel drive).

Sebut saja seperti Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, dan Mitsubishi Xpander. Lantas, kenapa Avanza masih mempertahankan itu?

Kok Toyota New Avanza dan New Veloz Ngikutin Wajah Mitsubishi Xpander? Begini Kata Toyota

Toyota New Avanza Baru Meluncur Diler Sudah Kasih Diskon, Begini Kata Toyota

TOYOTA New Veloz, diluncurkan Selasa (15/1/2019).
TOYOTA New Veloz, diluncurkan Selasa (15/1/2019). (Kompas.com/Aditya Maulana)

Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Yoshihiro Nakata, mengatakan, penggerak roda depan dan belakang sama-sama mempunya keunggulan dan kekurangan.

Nakata melanjutkan, mobil dengan penggerak roda belakang punya tenaga yang lebih besar, apalagi ketika jalan menanjak meskipun menampung banyak barang bawaan.

Apalagi segmen LMPV ini merupakan mobil keluarga, yang banyak digunakan untuk beraktivitas.

"Sampai sekarang ini juga konsumen cukup puas dengan sistem penggerak roda belakang yang dimiliki Avanza ini. Oleh sebab itu kami masih mempertahankannya," ujar Nakata di Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Nyusul New Avanza, Grand New Xenia Mengaspal Tanpa Kenaikan Harga, Ini Daftarnya

Mobil dengan penggerak roda depan, lanjut Nakata, memiliki keluasan kabin yang cukup, tetapi bukan berarti Avanza tidak punya situasi itu, karena menurut konsumen masih sangat luas dan tentunya nyaman untuk segala kondisi jalan.

"Jadi masing-masing punya keunggulan dan kekurangannya. Kami masih sangat percaya diri dengan Avanza sekarang ini meskipun secara persaingan cukup ketat di segmen LMPV," kata Nakata lagi. (Aditya Maulana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Toyota Masih Percaya Diri dengan Penggerak Roda Belakang"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved