News

Warga Minta Pemerintah Bangun Tanggul Permanen di Sungai Pulo

Untuk penanganan jangka pendeknya warga minta dibuat tanggul permanen supaya tidak jebol lagi.

Warga Minta Pemerintah Bangun Tanggul Permanen di Sungai Pulo
Warta Kota
Pembuatan tanggul permanen di Sungai Pulo. 

Lurah Jatipadang, Novian Wijanarko mengungkapkan, proses pembuatan tanggul permanen di Sungai Pulo di RT03/06 Kelurahan Jatipadang, Jakarta Selatan, akan segera dilakukan di lokasi tanggul yang jebol pada Minggu (13/1/2019) lalu.

Pembuatan tanggul permanen di Sungai Pulo.
Pembuatan tanggul permanen di Sungai Pulo. (Warta Kota)

Saat ini, petugas hanya memasang tanggul sementara untuk menghalangi air dari sungai masuk ke perkampungan warga.

"Untuk penanganan jangka pendeknya warga minta dibuat tanggul permanen supaya tidak jebol lagi. Dan dari pak wali (Walikota Jakarta Selatan, Marullah Matali) sudah berikan instruksi terkait pembuatan tanggul. Nanti yang akan melaksanakan dari SDA (Sudin Sumber Daya Air)," ujar Novian, Selasa (15/1/2019).

Novian menjelaskan, saat ini sedang dilakukan pengukuran di lokasi itu untuk melihat kebutuhan apa saja, termasuk rencana ketinggian atau lebar tanggul agar bisa melindungi perkampungan dari limpasan air sungai.

"Tinggi tanggul sekitar 2,5 meter. Sedangkan yang akan diturap sepanjang 21 meter. Rencana penurapan selama satu bulan. Secepatnya akan dikerjakan," ungkapnya.

Jebolnya tanggul di kawasan RT04/06 Jatipadang, Jakarta Selatan pada Minggu (13/1/2019) petang membuat sejumlah warga ingin mendapat perhatian sama dengan warga di RW04. Pasalnya, sejak dibangun Tanggul Baswedan tahun lalu, wilayah RW04 yang menjadi langganan banjir sejak puluhan tahun lalu kini tak lagi banjir.

"Sekarang banjirnya beralih ke wilayah kami. Bahkan tanggul sementara saja jebol," kata Yeti (50), warga RT04.

Akibat jebolnya tanggul itu, air dari Sungai Pulo Jati meluap ke perkampungan, menggenangi puluhan rumah penduduk. Bahkan, tembok pembatas yang dibangun di dekat tanggul juga ikut jebol tak kuat menahan derasnya air.

"Kalau bisa dibuat tanggul permanen yang kuat supaya tidak jebol lagi," ungkapnya.

Jangka pendek

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved