Sukses Bercocok Tanam Hidroponik, Kelurahan Pengadegan Coba Teknik Tanam Langsung di Tanah

Setelah sukses dengan penanaman hidroponik, Kelurahan Pengadegan, Kecamatan Pancoran, kini fokus dengan sistem tanam langsung di media tanah.

Sukses Bercocok Tanam Hidroponik, Kelurahan Pengadegan Coba Teknik Tanam Langsung di Tanah
istimewa
Warga Kelurahan Pengadegan mempersiapkan media tanah untuk bercocok tanam di lingkungan rumahnya. 

Setelah sukses dengan penanaman hidroponik, Kelurahan Pengadegan, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, kini fokus untuk melakukan penanaman sistem tanam langsung di media tanah.

Lurah Pengadegan Mursid, mengatakan, salah satu RW yang telah dijadikan sebagai fokus dalam penanaman sistem tersebut adalah RW 05.

RW ini dipilih lantaran memiliki karakteristik yang cocok sebagai awal berkembangnya sistem tanam langsung.

"Saya melihat karakteristik wilayah RW masing-masing. Seperti RW 05, kita mulai beranjak bergerak untuk dapat menggunakan media langsung," ujarnya, Selasa (15/1/2019).

Lurah Mursid menjelaskan, keunggulan untuk melakukan sistem tanam langsung di media tanah adalah lebih mudah dan lebih murah. Hasilnya, lanjut Mursid, juga tidak kalah baik dengan tanaman hidroponik.

"Ada yang memakai media gantung, tanam langsung di tanah, ada yang berada di pot. Sifatnya disesuaikan dengan kondisi yang ada," terangnya.

Mursid menuturkan, sebelum dilakukan di RW 05, model penanaman langsung ini juga telah dilakukan di halaman Kelurahan Pengadegan.

"Dimulai dari pihak kelurahan terlebih dahulu. Baru saya menyampaikan kepada masyarakat sehingga gerakan itu akan dimulai dari bawah sendiri," ungkapnya.

Mursid menambahkan, saat ini baru satu RT di RW 05 yang dijadikan sebagai awal untuk tempat tanam langsung di media tanah, yakni RT 07.

"Di RT 07/RW 05. Kita tanam yang mudah-mudah saja seperti sawi, kangkung, semacam itu. Intinya bisa digunakan dahulu untuk masyarakat," tuturnya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved