Pilpres 2019

Prabowo Bilang BUMN Bangkrut Satu per Satu, Menteri Jokowi: Kesimpulan yang Terlalu Ceroboh

Rini Soemarno menuturkan, BUMN yang rugi saat ini, seperti PT Garuda Indonesia (Persero), sedang diupayakan perbaikan keuangannya oleh pemerintah.

Prabowo Bilang BUMN Bangkrut Satu per Satu, Menteri Jokowi: Kesimpulan yang Terlalu Ceroboh
Warta Kota/Alex Suban
Menko Perekonomian Darmin Nasutioan (kiri) dan Kepala BKPM Thomas Lembong berdiskusi setelah pertemuan Presiden Joko Widodo dengan delegasi Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (12/3/2018). 

DUA menteri Kabinet Kerja tak terima dengan ucapan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto, yang menyebut BUMN akan bangkrut satu per satu.

Menteri BUMN Rini Soemarno mempertanyakan data dan bukti ke calon presiden Prabowo Subianto, yang menyebut perusahaan pelat merah akan bangkrut satu per satu.

"Ya buktinya mana? Orang ngomong kan bisa saja, gampang bicara, sekarang lihat bukti-buktinya apa?" ucap Rini Soemarno di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin.

Megawati Minta Kadernya Jangan Bertengkar karena Rebutan Kursi

Rini Soemarno menuturkan, BUMN yang rugi saat ini, seperti PT Garuda Indonesia (Persero), sedang diupayakan perbaikan keuangannya oleh pemerintah.

Upaya penyehatan keuangan Garuda, kata Rini Soemarno, dengan melakukan renegosiasi kontak-kontrak lima sampai tujuh tahun yang lalu, di mana nilai kontrak tersebut terlalu mahal.

"Saya yakin kita bisa perbaiki semua. Kita harus menjaga keberlangsungan BUMN-BUMN tersebut. Kita punya karyawan yang banyak, karyawan itu juga punya keluarga, kita harus jaga semua. Jadi kalau bicara, marilah bicara dengan benar, dengan data yang kuat," papar Rini Soemarno.

Novel Baswedan Minta Jokowi Desak Polisi Ungkap Semua Teror kepada KPK

Hal senada juga diungkapkan Menko Perekonomian Darmin Nasution yang meminta tidak main asal tuding terhadap BUMN. Darmin Nasution tidak mengetahui apa dasar ketika ada pihak yang menyebut BUMN akan bangkrut.

"Dasarnya apa? (kalau didasari karena rugi), itu kesimpulan yang terlalu ceroboh," kata Darmin Nasution.

Sebelumnya, Prabowo Subianto menyebut BUMN satu per satu akan bangkut, karena pemerintah salah dalam mengelola negara.

Besok Bawaslu Bogor Putuskan Nasib Anies Baswedan

Hal itu disampaikan Prabowo Subianto di acara Konsolidasi Koordinator TPS se-Provinsi DKI Jakarta, di Roemah Djoeang Prabowo-Sandi, Jalan Wijaya I No 81, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (13/1/2019).

"Kita lihat sekarang BUMN-BUMN milik negara, milik rakyat, kebanggaan kita satu-satu hancur, satu-satu bangkrut. Tanya aja Garuda, pilot-pilot, tanya Pertamina, tanya PLN, tanya semua pabrik-pabrik milik negara. Saatnya rakyat merebut kembali kedaulatan negara," paparnya.

Pernyataan Prabowo Subianto tersebut kembali diulang saat dirinya menyampaikan pidato kebangsaan Indonesia Menang, semalam. (Seno Tri Sulistiyono)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved