Tip

Musim Hujan, Tip Mencuci Jas Hujan Tanpa Merusak Daya Anti-Air

Padahal jas hujan justru perlu dibersihkan dengan seksama karena jika tidak, akan mulai bau akibat kotoran, debu, dan keringat.

Musim Hujan, Tip Mencuci Jas Hujan Tanpa Merusak Daya Anti-Air
WARTA KOTA/Andika Panduwinata
Ilustrasi jas hujan. 

WARTA KOTA, PALMERAH--- Hujan sudah kerap terjadi di Jakarta dan sekitarnya sehingga jas hujan menjadi barang wajib dibawa.

Jas hujan yang memiliki sifattidak menyerap air, banyak yang berpikir kalau jaket atau jas hujan tidak perlu sering dicuci.  

Padahal jas hujan justru perlu dibersihkan dengan seksama karena jika tidak, akan mulai bau akibat kotoran, debu, dan keringat yang menempel ke dalam bahan.

Meski demikian, seperti dilansir Antaranews.com, jas hujan tidak bisa dicuci seperti baju biasa karena terbuat dari bahan khusus yang membuatnya tahan air.

Beberapa tip untuk membersihkan jas hujan dengan benar versi Timberland sebagai produsen jaket ramah lingkungan:

1. Mengenal bahan jas

Jas hujan pada umumnya terbuat dari bahan yang memiliki pori-pori kecil agar bahan tetap bisa bernafas, dengan demikian kelembaban, termasuk keringat, bisa menguap dengan mudah dan bukannya mengembun di dalam jaket.

Kemudian, bagian luar bahan jas diberi lapisan tambahan yang disebut sebagai durable water repellent (DWR) untuk memberi perlindungan ekstra dari air.

DWR menyebabkan air membutir dengan cepat supaya bisa menggulir dari jas dengan mudah.

Hal tersebut mencegah air terdiam lama di atas bahan dan menyerap secara perlahan ke dalam bahan.

Halaman
123
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved