DKI Pinjamkan 55 Truk Sampah Bekas ke Kota Bekasi

Nantinya, puluhan truk ini akan digunakan untuk mengangkut sampah milik warga Kota Bekasi ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumurbatu.

DKI Pinjamkan 55 Truk Sampah Bekas ke Kota Bekasi
WARTA KOTA/FITRIYANDI AL FAJRI
Penyerahan secara simbolis peminjaman truk sampah milik DKI Jakarta kepada Kota Bekasi, di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Selasa (15/1/2019). 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta meminjamkan 55 truk sampah bekas kepada Kota Bekasi.

Nantinya, puluhan truk ini akan digunakan untuk mengangkut sampah milik warga Kota Bekasi ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumurbatu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, bantuan ini diberikan secara bertahap sejak tiga tahun lalu.

Fahri Hamzah Sebut Kubu Jokowi Sudah Pikirkan Pilpres 2019 Sejak Tahun Kedua Menjabat

Saat penyerahan yang dilakukan secara simbolis di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang pada Selasa (15/1/2019) pagi, pihaknya kembali meminjamkan lima unit truk sampah ke Kota Bekasi.

"Bila ditotal ada 55 truk yang kita pinjam pakaikan ke Kota Bekasi," kata Isnawa Adji.

Meski armada yang diberikan barang bekas, Isnawa Adji menjamin kualitasnya baik. Menurut dia, truk yang diberikan masih layak digunakan Kota Bekasi selama beberapa tahun ke depan.

Sebut Banyak Survei Tak Akurat, Fadli Zon Yakin Bulan Ini Elektabilitas Prabowo Kalahkan Jokowi

"Truk yang dikasih produksi tahun 2014, namun masih layak dipakai Kota Bekasi," ujarnya.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengapresiasi pinjaman truk sampah DKI ke Kota Bekasi. Menurutnya, truk yang dipinjamkan ke Kota Bekasi bisa membantu petugas mengangkut sampahnya ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumurbatu.

Di sisi lain, pemerintah daerah juga bisa menghemat anggaran pembelian armada truk sampahnya.

ICW: Teror Bukti KPK Bekerja

"Truk ini minimal mengurangi volume sampah yang ada di Kota Bekasi," ucap Rahmat Effendi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Jumhana Luthfi mengatakan, saat ini truk sampah yang dimiliki Kota Bekasi mencapai 185 unit. Dengan adanya pinjaman truk ini, maka total armada yang dimiliki Kota Bekasi menjadi 240 unit.

"Dalam sehari jumlah sampah yang terangkut mencapai 900 ton per hari. Dengan pinjaman ini tentu akan membantu pengangkutan sampah. Soal perawatannya tentu dianggarkan melalui APBD Kota Bekasi," beber Luthfi. (*)

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved