VIDEO: Soal Bagasi Berbayar Maskapai Murah, Menhub Bilang Begini

Kementerian Perhubungan telah menyetujui adanya bagasi berbayar bagi maskapai tarif rendah (LCC) yang direncanakan berlaku mulai 22 Januari 2019.

Kementerian Perhubungan telah menyetujui adanya bagasi berbayar bagi maskapai tarif rendah (LCC) yang direncanakan berlaku mulai 22 Januari 2019.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan kenaikan tersebut sebagai upaya dari maskapai mempertahankan bisnis mereka.

Terlebih menurut Budi Karya bisnis di sektor aviasi keuntungannya tidak besar tapi risikonya sangat tinggi.

“Jadi gini, internasional itu, memang usaha airlines satu usaha yg sangat tight, jadi keuntungannya tidak besar tapi risikonya tinggi,” kata Budi Karya, Sabtu (12/1/2019).

Selain itu ada faktor lainnya seperti tingginya harga bahan bakar dan maskapai belum menaikkan harga tiket pesawat sehingga adanya pembayaran bagasi tambahan dinilai wajar.

“Apa yg dilakoni adalah satu upaya supaya mereka bisa survive coba dibayangkan, kalau tiba-tiba ada airlines yang berakhir, saya tidak mendoakan itu, kan menjadi repotkan, oleh karenanya salah satu inovasinya dengan barang itu,” kata Budi Karya.

Adapun maskapai yang akan menerapkan biaya bagasi tanbahan adalah Lion Air, Wings Air dan Citilink sehingga nantinya penumpang tidak lagi mendapat gratis bagasi hingga 20 kg.

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved