Anak-anak Latihan Simulasi Evakuasi Bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jakarta mengedukasi anak-anak terkait simulasi evakuasi penanganan bencana di Sekolah Al-Azhar Cibubur.

Anak-anak Latihan Simulasi Evakuasi Bencana
Warta Kota/Rangga Baskoro
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengedukasi anak-anak terkait simulasi evakuasi penanganan bencana di Sekolah Al-Azhar Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (11/1/2019). 

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengedukasi anak-anak terkait simulasi evakuasi penanganan bencana di Sekolah Al-Azhar Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur.

Kurang lebih sebanyak 400 peserta didik, mulai dari kelas 7 hingga 9 mengikuti simulasi evakuasi bencana tersebut.

1. Simulasi Bencana Saat Gempa

Dalam simulasi ini, pertama para peserta didik diajarnya bagaimana menyelamatkan diri saat gempa terjadi di tengah proses belajar-mengajar.

Para peserta didik diminta untuk tidak panik saat bel tanda bencana berbunyi dan langsung menyelamatkan diri dengan bersembunyi di bawah kolong meja belajar.

Setelah bel tanda bencana atau saat gempa telah usai, barulah para peserta didik diminta keluar dari kelas menuju lapangan terbuka.

Saat keluar dari kelas untuk menuju lapangan terbuka, para peserta didik juga diminta untuk tidak panik dan saling bergantian satu per satu menuruni anak tangga.

2. Simulasi Penanganan Kebakaran

Kemudian, saat simulasi penanganan kebakaran, para peserta didik diperkenalkan soal profesi pemadam kebakaran.

Beberapa alat yang digunakan oleh petugas pemadam kebakaran dalam menjalankan tugasnya menangani kebakaran dan penyelamatan juga diperkenalkan kepada para peserta didik.

Halaman
123
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved