Waspada Aksi Kejahatan dengan Modus Galang Sumbangan Bencana

Pengamen yang didominasi oleh anak-anak itu menggunakan modus yang sama, yakni menggalang sumbangan untuk korban gempa Banten.

Waspada Aksi Kejahatan dengan Modus Galang Sumbangan Bencana
Warta Kota/Istimewa
Petugas Pelayanan Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas (Sudin) Jakarta Barat bersama Izaldi, Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) modus penggalangan sumbangan di Panti Sosial Bina Insan (PSBI) Bangun Daya 1 Kedoya, Jakarta Barat pada Kamis (10/1/2019). 

Bencana gempa bumi dan tsunami Banten yang terjadi beberapa waktu lalu serta beragam alasan, seperti pembangunan masjid ataupun santunan kepada anak yatim; kerap kali dijadikan sebagai modus untuk menggalang sumbangan.

Seperti penjangkauan seorang Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Petugas Pelayanan Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas (Sudin) Jakarta Barat di Terminal Kalideres, Kalideres, Jakarta Barat pada Kamis (10/1/2019).

Penangkapan tersebut diungkapkan salah seorang petugas P3S Sudin Sosial Jakarta Barat, Tri bermula dari patroli petugas P3S di kawasan Kalideres.

Pihaknya melihat adanya aktivitas mencurigakan di area dalam Terminal Kalideres.

Terdapat dua orang pemuda yang terlihat berkeliling terminal serta naik dan turun angkutan umum sembari membawa sebuah kardus bekas air mineral.

Keduanya diketahui tengah menggalang dana sumbangan. Hal itu terlihat dari secarik kertas yang ditempel pada sisi depan kardus, yakni tertulis 'Mohon Bantuan Untuk Anak Yatim'.

Menyadari tindakan tersebut melanggar ketentuan, pihaknya kemudian mencoba mengamankan para pemuda tersebut.

Namun sayang, pihaknya katanya hanya berhasil mengamankan satu orang PMKS.

"Seorang yang lain kabur, satu orang berhasil kita amanin. Kita langsung bawa ke posko untuk dimintai keterangan," ungkap Tri dihubungi pada Kamis (10/1/2019).

Dalam pemeriksaan, pihaknya mengetahui jika pemuda tersebut bernama Izaldi.

Halaman
1234
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved