Menhub Targetkan 100 Pergerakan Pesawat di Bandara Kertajati

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berupaya mengoptimalkan fungsi Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

Menhub Targetkan 100 Pergerakan Pesawat di Bandara Kertajati
istimewa
Menhub Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati, Majalengka. 

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan terus mengoptimalkan fungsi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kabupaten Majalengka dengan melibatkan Pemerintah Daerah, maskapai penerbangan, dan stakeholder transportasi.

Menhub terus mengajak maskapai penerbangan untuk dapat membangun konektivitas dari dan ke BIJB.

Ia mengaku optimis pada akhir tahun 2019 terdapat 100 pergerakan pesawat yang mendarat dan terbang dari BIJB.

“Saya optimis ini bisa jalan baik bahkan mungkin dalam 1 tahun kalau sekarang ini 14 movement 1 hari, kita harapkan paling tidak 100 movement di akhir tahun ini masuk,” ujar Budi dalam keterangannya, Kamis (10/1/2019).

Selain penumpang, Menhub berharap ke depan BIJB nantinya juga dapat menjadi pusat kargo guna mendukung industri di Provinsi Jawa Barat.

“Jadi antara Pelabuhan Patimban dan Kertajati sudah kita perhitungkan sebagai suatu 2 fasilitas yang saling mendukung apalagi Jawa Barat penuh dengan potensi pariwisata dan lahannya relatif masih siap untuk dikembangkan,” ucapnya.

Lebih lanjut Menhub memastikan pada tahun ini BIJB juga akan mulai melayani penerbangan Haji.

Mengenai kendala saat ini belum tersedianya asrama Haji, Menhub menyebut Pemerintah Daerah memiliki dua alternatif pilihan.

“Sudah kita putuskan atau kita akan usulkan dari Kertajati karena ini masalah penginapan tadi pilihannya kita membangun hotel disini (Kertajati) atau menggunakan fasilitas asrama Haji yang ada di Cirebon,” kata Budi.

Senada dengan Menhub, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga mendukung adanya penerbangan Haji dari BIJB.

Halaman
12
Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved