News

Wakil Wali Kota Jakut Imbau Rekonsiliasi Aset dan Keuangan Sinkron

Ali Maulana Hakim mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengamankan pencatatan data aset dengan laporan keuangan yang menggunakan Sistem Informasi.

Wakil Wali Kota Jakut Imbau Rekonsiliasi Aset dan Keuangan Sinkron
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Wakil Wali Kota Jakarta Utara. 

TANJUNGPRIOK, WARTA KOTA. Pemerintah Kota Jakarta Utara menggelar rekonsiliasi belanja aset dan laporan keuangan semester II tahun anggaran 2018. Kegiatan tersebut digelar tiga hari mulai Rabu (9/1) hingga Jumat (11/1) dan diikuti perwakilan dari 96 SKPD/UKPD.

Wakil Wali Kota Jakarta
Wakil Wali Kota Jakarta (Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan)

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Suban Pengelola Aset Daerah Jakarta Utara dan Suban Pengelola Keuangan Daerah Jakarta Utara tersebut berlangsung di Ruang Rapat Bersama Lantai 6 dan Lantai 2 Ruang Fatahillah, Kantor Wali Kota Jakarta Utara.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengamankan pencatatan data aset dengan laporan keuangan yang menggunakan Sistem Informasi Elektronik Rekonsiliasi Aset (SIERA).

“Pencocokan data ini masuk ke sistem, jangan sampai laporan di manual ada tapi di sistem tidak ada. Semuanya harus sinkron karena penginputan data yang salah menjadi potensi timbulnya masalah yang besar,” kata Ali, Rabu (9/1).

Kegiatan rekonsiliasi aset dan keuangan semacam ini dilakukan dua kali dalam setahun. Ali menambahkan rekonsiliasi menjadi sangat penting unuk memastikan tidak ada kesalahan saat proses pencatatan.

“Rekonsiliasi untuk mencocokkan pencatatan data aset dengan keuangan. Kegiatan ini harus dimonitor agar hasilnya maksimal,” ungkapnya.

Kepala Suku Badan Pengelola Aset Daerah Jakarta Utara, Ratna Diah Kurnia mengatakan penggunaan SIERA memberikan dampak positif saat proses pencatatan demi memperoleh hasil yang tepat.

“Dengan menggunakan SIERA akan mempermudah pengurus barang dalam mencatat aset dan meminimalisir kesalahan. Bendahara dan pengurus barang akan mendapatkan data akurat dalam penyusunan laporan,” katanya. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved