News

Polisi Sebut Ada Aktor Intelektual Dibalik Pembuatan Konten Hoaks Oleh Bagus Bawana Putra

tersangka pembuat atau creator konten hoaks 7 surat suara tercoblos yakni Bagus Bawana Putra dengan tiga tersangka lain.

Polisi Sebut Ada Aktor Intelektual Dibalik Pembuatan Konten Hoaks Oleh Bagus Bawana Putra
Warta Kota
Divisi Humas Polri, Brigjen 

Kebayoran Baru, Warta Kota. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan sangat kuat dugaan adanya aktor intelektual dibalik pembuatan dan penyebaran hoaks 7 kontainer surat suara tercoblos yang diinisiasi Bagus Bawana Putra (51), warga Bekasi, Jawa Barat.

Divisi Humas Polri, Brigjen
Divisi Humas Polri, Brigjen (Warta Kota)

"Sudah teridentifikasi aktor intelektualnya dibalik sang creator. Namun masih diperlukan pembuktian dan pendalaman lagi, untuk memastikannnya. Karenanya ini masih kami kembangkan," kata Dedi.

Yang pasti kata Dedi, saat ini Bagus Bawana Putra dipastikan membuat sendiri rekaman suara dan narasi hoaks soal 7 kontainer surat suara tercoblos itu.

Selain itu kata Dedi pihaknya masih mendalami dulu motif tersangka membuat konten hoaks berupa narasi dan rekaman suara itu.

"Untuk motifnya masih perlu di dalami lebih jauh lagi, untuk dipastikan, dan tak bisa terburu-buru," kata Dedi.

Dedi memastikan bahwa antara tersangka pembuat atau creator konten hoaks 7 surat suara tercoblos yakni Bagus Bawana Putra dengan tiga tersangka lain yang berperan sebagai forwarder konten berita hoaks itu yakni J, LS dan HY, yang diamankan sebelumnya namun tak ditahan, tidak saling mengenal.

"Jadi creatornya BPP ini membuat konten hoaks lalu mempostingnya di twitter dan facebook serta medsos lain. Sementara tiga forwader ini mengambil kontennya dari medsos si creator dan meneruskannya ke facebook dan medsos dengan akun mereka," kata Dedi.

Bahkan kata Dedi, tiga orang forwader ini juga meneruskannya melalui WhatsApp atau WA dan grup WA yang mereka ikuti.

Dalam kasus ini, kata Dedi tersangkanya dibagi tiga berdasar perannya. Yakni creator atau yang membuat konten hoaks, lalu buzzer yang berperan menyebarkannya dan forwarder sebagai yang meneruskan.

"Untuk tiga tersangka yakni J, LS dan HY perannya adalah forwader. Sementara creator dan buzzernya adalah BBP,," kata dia.

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved