Breaking News:

Menjaga Warisan Budaya, Lurah Cikini Ajak Warganya Membatik

Dalam upaya menjaga warisan budaya, Kelurahan Cikini, berencana mengajak warganya di lima RW untuk membatik bersama di Museum Batik.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor:
Warta Kota/Joko Supriyanto
Lurah Cikini, Ati Mediana. 

WARTA KOTA, MENTENG--- Dalam upaya menjaga warisan budaya, Kelurahan Cikini, berencana mengajak warganya di lima RW untuk membatik bersama di Museum Tekstil, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Lurah Cikini, Ati Mediana, mengatakan, rencana membatik bersama dengan warganya tersebut akan dilakukan Februari mendatang yang mengikut sertakan warga RW 01 hingga RW 05.

Ati Mediana mengatakan, kegiatan tersebut untuk menjaga warisan budaya batik.

Selain mengenakannya, Ati juga ingin masyarakat memiliki pengetahuan lain, yaitu bagaimana cara membatik dengan baik yang benar.

"Jadi kegiatan ini salah satu bentuk menjaga warisan budaya salah satunya batik. Sehingga latihan ini sebagai bentuk mengenal cara pembuatan batik dan melestarikannya. Kami tahu selama ini warga hanya terbiasa memakai batik tapi tidak tahu cara pembuatan batik secara tradisional," kata Ati Mediana, Rabu (9/1/2019).

Menurut Ati, saat ini sudah ada 50 orang yang terdaftar dalam latihan membantik ini, seluruhnya merupakan warga yang aktif di PKK sehingga ibu-ibu memiliki waktu luang, dan tidak menyita waktu keluarga.

Mengenai hasil latihan membatik, Ati Mediana mengatakan, belum mengetahui apakah hasil latihan itu bisa disalurkan atau tidak.

Walau begitu setidaknya dengan kegiatan ini masyarakat memiliki pengetahuan lain.

"Saat ini kami berikan latihan saja dulu, mengenalkan cara pembuatan. Kalau nanti ada warga yang mendalami kecintaannya buat batik, kami akan dukung," katanya.

Yuk, Belajar Membatik di Museum Tekstil

Pameran Batik Karya Go Tik Swan di Museum Tekstil

Koleksi Museum Tekstil Jakarta, Kain Batik Betawi Kuno Berusia Puluhan Tahun

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved