Lion Air Hapus Layanan Bagasi Gratis Mulai 22 Januari, Ini Hal Positif yang Dilihat Menhub

Budi Karya Sumadi meminta Lion Air menyosialisasikan perubahan layanan tersebut kepada calon penumpang.

Lion Air Hapus Layanan Bagasi Gratis Mulai 22 Januari, Ini Hal Positif yang Dilihat Menhub
Shutterstock
Lion Air 

LION Air Group akan menghapus layanan bagasi gratis untuk penumpang Lion Air dan Wings Air mulai 22 Januari 2019, dua minggu pasca-diberi persetujuan oleh Direktorat Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Selasa (8/1/2019).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai, penghapusan bagasi gratis oleh kedua maskapai dengan pelayanan berstandar minimum itu juga memiliki sisi positif. Salah satunya, meningkatnya ketepatan waktu penerbangan atau on time performance.

"Kalau yang saya lihat dengan adanya pengurangan bagasi ini, malah ada satu yang positif. Pertama, pasti orang enggak mau repot-repot, bawa baju seperlunya, jadi ringkas," kata Budi Karya Sumadi di Kemenko Maritim, Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Berlaku Mulai Hari Ini, Segini Tarif Bagasi Lion Air dan Wings Air

"Jadi mengakibatkan orang tidak antre dan meningkatkan on time performance. Kalau itu menjadi simple, antrean yang menumpuk itu Insyaallah tidak terjadi," imbuhnya.

Meski begitu, Budi Karya Sumadi meminta Lion Air menyosialisasikan perubahan layanan tersebut kepada calon penumpang. Pemberlakuan tarif pada bagasi itu, katanya, baru bisa efektif per 22 Januari 2019.

"Jadi saya beri policy, boleh tanggal 8 (Januari) tapi grace period dua minggu. Jadi tetap sambil sosialisasi. Dua minggu setelah tanggal 8 (Januari) baru berlaku efektif," jelasnya di Kompleks Istana, Selasa (8/1/2019).

Boni Hargens Sebut Indonesia akan Mundur 52 Tahun Jika Prabowo Jadi Presiden

"Dari grace period, enggak bayar. Saya minta selama dua minggu ini masa sosialisasi enggak bayar," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, pihak Lion Air mengatakan akan mengikuti instruksi Menhub.

"Masih bisa datang ke bandara dan belum dipungut," ucap Direktur Operasi Lion Air Group Daniel Putut saat ditemui di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (8/1/2019).

"Kita sosialisasikan selama dua minggu sejak hari ini. Nanti Pak Menteri (Budi Karya Sumadi) sampaikan seperti itu. Jadi kita akan coba patuh sama instruksi dari Kementerian Perhubungan," sambungnya. (Ria Anatasia)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved