Breaking News:

Razia Hewan Liar Salah Sasaran Banyak Dikeluhkan, Gubernur Hentikan Kegiatan

Gubernur DKI Anies Baswedan menghentikan razia hewan liar yang banyak dikeluhkan warga Jakarta karena salah sasaran.

Penulis: | Editor: Max Agung Pribadi
Warta Kota/Andika Panduwinata
Suku Dinas Kelautan, Pertanian, dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Barat menggelar razia hewan rabies pada Rabu (30/3/2016). Hewan rabies tersebut meliputi anjing, kucing, dan monyet. 

Banyaknya keluhan warga terkait razia hewan liar serentak di seluruh wilayah Ibu Kota, Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menghentikan seluruh kegiatan.

Ia mengeluarkan keputusan terkait polemik tersebut.

Instruksi tersebut disampaikan Anies lewat akun Instagramnya @aniesbaswedan; pada Selasa (8/1/2019).

Anies secara langsung memerintahkan seluruh jajarannya, khususnya Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta untuk menghentikan seluruh operasi.

Penundaan razia dilakukan bersamaan dengan komunikasi dengan organisasi ataupun komunitas pecinta binatang. Sehingga operasi penangkapan hewan liar, seperti kucing dan anjing yang berkeliaran di jalan dan permukiman warga dapat dilakukan bersama komunitas hewan.

"Teman-teman, terkait polemik razia kucing, pagi ini saya instruksikan kepada Dinas terkait agar :⁣ 1. Tunda kegiatan penangkapan;⁣ 2. Ajak bicara organisasi/komunitas pengelolaan binatang;⁣ 3. Lakukan kegiatan pengendalian bersama dgn komunitas," tulis Anies.

Dalam kesempatan tersebut, Anies membuktikan dirinya juga merupakan pecinta binatang. Anies menunjukan potret kucing jantan kesayangannya bernama Lego.

Lego adalah kucing lokal yang diadopsinya beberapa waktu lalu. Lego yang berkaki tiga karena mengalami kecelakaan itu kini resmi menjadi anggota keluarga Anies, bahkan kerap tidur bersamanya dan sang istri, Fery Farhati Ganis di atas tempat tidur mereka.

"Foto: Lego, kucing adopsi kami yg kakinya diamputasi karena ketika kecil pernah menjadi korban kekerasan pd binatang. Kucing kaki tiga ini sering tidur bersama kami," tulis Anies melengkapi potret Lego.

Sebelumnya, media sosial diramaikan dengan laporan warga yang kehilangan peliharaan mereka pasca razia hewan liar serentak.

Kekhawatiran pun menyebar, imbauan untuk mengamankan hewan peliharaan masing-masing turut diedarkan.

Seperti yang dituliskan oleh Happusari lewat akun @ruarrrbiyasa; pada Senin (7/1/2019), dirinya mengingatkan kepada warga agar menjaga hewan peliharaan masing-masing.

Sebab petugas tengah melakukan penangkapan kucing dna anjing liar di jalan, mulai dari tanggal 7-9 Januari 2019.

"ALERT untuk warga Jakarta yg punya anjing/ kucing!! Sedang ada penertiban HPR (Hewan Penular Rabies) mulai 7-9 Jan 2019) yg berimbas pada penangkapan anjing & kucing jalanan. Jadi tolong saling bantu jaga ya!," tulis Happusari.

"Hari ini razia nya sudah dimulai. Jangan lupa masukin anjing dan kucing kalian ke dalam rumah dulu ya. Kalo bisa bantu jaga anjing/ kucing jalanan sekitarmu sampai penertiban selesai juga boleh bgt!," tambahnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved