Rekayasa Lalu Lintas

Mulai Rabu Besok, Rekayasa Lalin di Jalan Wijaya 1 Dibatalkan, Durasi Lampu Hijau Ditambah

"Solusi lain, mulai Rabu kita perpanjang durasi lampu hijau dari selatan ke arah Jalan Wijaya. Dari sebelumnya 120 detik menjadi 180 detik..."

Mulai Rabu Besok, Rekayasa Lalin di Jalan Wijaya 1 Dibatalkan, Durasi Lampu Hijau Ditambah
Warta Kota/Alex Suban
Beberapa pengendara mobil dan sepeda motor nekat berputar walaupun ada rambu larangan di persimpangan Jalan Kapten Tendean dan Jalan Wijaya I, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (22/11/2018). 

KASUBDINHUB Jakarta Selatan, Christianto, mengungkapkan, melihat kondisi yang ada, yakni masih terjadinya kemacetan di ruas Jalan Prapanca Raya, mulai Rabu (9/1/2019) pihaknya akan mengembalikan pengaturan lalu lintas ke kondisi semula.

"Ya mulai besok dikembalikan," ujar Christianto dihubungi Warta Kota, Selasa (8/1/2019).

Chris menyebut, rekayasa lalulintas di kawasan itu sebelumnya dilakukan untuk memecah kepadatan lalu lintas.

Sebab, sebelum simpang Wijaya, terjadi pertemuan arus lalulintas dari Jalan Layang Non Tol Antasari dengan kendaraan dari jalur di bawahnya.

"Dari JLNT itu dua jalur ditambah satu jalur di bawahnya. Lalu mendekati traffic light hanya dua jalur. Artinya ada penyempitan," katanya.

Kepadatan kendaraan, kata dia, ditambah dengan beroperasinya Tol Desari yang menyebabkan volume kendaraan yang melintasi kawasan itu naik drastis dan menumpuk di simpang Wijaya.

"Solusi lain, mulai Rabu kita perpanjang durasi lampu hijau dari selatan ke arah Jalan Wijaya (belok kanan). Dari sebelumnya 120 detik menjadi 180 detik untuk menghindari penumpukan kendaraan," tandasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali meminta Suku Dinas Perhubungan meninjau kembali rekayasa lalu lintas Jalan Prapanca Raya dan Jalan Wijaya I, Kebayoran Baru.

Marullah beranggapan, rekayasa yang dilakukan tidak begitu efektif dalam mengurangi kemacetan lalulintas di sepanjang jalan itu.

"Hari ini sebenarnya kita melaksanakan kegiatan uji coba rekayasa lalu lintas di JLNT Antasari. Dalam uji coba kali ini pada satu jam pertama sampai kedua terlihat kepadatan lalu lintas. Akhirnya kita ambil langkah uji coba ini dikaji ulang," kata Marullah saat meninjau lokasi dan memantau kepadatan arus lalu lintas yang terjadi, Selasa (8/1/2019).

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved