KPK Cuma Anggarkan Rp 10 Juta untuk Pengadaan 100 Borgol Tahun Ini

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) menganggarkan Rp 10 juta untuk pengadaan borgol pada tahun ini.

KPK Cuma Anggarkan Rp 10 Juta untuk Pengadaan 100 Borgol Tahun Ini
Warta Kota/Henry Lopulalan
Kepala Satker SPAM Strategis/Pejabat Pembuat Komitmen SPAM Lampung Anggiat Partunggal Nahot Simaremare diborgol saat akan diperiksa di gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (2/1/2019). 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) menganggarkan Rp 10 juta untuk pengadaan borgol pada tahun ini.

Alasannya, ungkap Juru Bicara KPK Febri Diansyah, jumlah ketersediaan borgol untuk para tahanan di lembaga antikorupsi itu baru ada sekira 30 buah.

"Kami melakukan pengadaan untuk sekira 100 unit borgol pergelangan tangan lagi, nilainya masih di bawah Rp10 juta, termasuk sudah kewajiban pembelian pajak tersebut," ucap Febri Diansyah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (7/1/2019).

Ade Jigo Dengar Suara Orang Berceramah Saat Tergulung Ombak Tsunami, Ia Merasa Berada di Dua Alam

"Jadi, di tahun 2018, ketersediaan borgol di KPK itu ada sekira 30 (borgol), dan masih terbagi atas borgol untuk jari atau jempol dan untuk pergelangan tangan," jelasnya.

Febri Diansyah menjelaskan, proses pembelian borgol baru ini tidak akan memerlukan tahap lelang. Karena, menurutnya nilai belanja borgol diperkirakan tak sampai Rp 10 juta.

"Bisa dilakukan pembelian dengan harga paling efisien," kata Febri Diansyah.

Kisah Ade Jigo Temukan Istrinya Meninggal karena Tsunami, Ada Sekuriti yang Bilang Anaknya Mirip

Mulai tahun ini, KPK memutuskan memborgol para tahanan yang akan diperiksa penyidik maupun diperiksa jaksa penuntut umum di Pengadilan Tipikor.

Kini, para tahanan KPK tak hanya menggunakan rompi oranye. Di kedua tangan mereka disematkan gelang besi yang dihubungkan dengan rantai pendek.

Pemborgolan para tahanan tertuang dalam peraturan KPK Nomor 01 Tahun 2012 tentang Perawatan Tahanan pada Rumah Tahanan KPK.

Hal tersebut dijelaskan dalam Pasal 12 ayat (2). Pasal tersebut berbunyi, "dalam hal tahanan dibawa ke luar Rumah Tahanan (Rutan), dilakukan pemborgolan." (Ilham Rian Pratama)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved