Gempa Sukabumi

Gempa 5,4 Skala Richter Guncang Sukabumi, Gempa Berada di Zona Megathrust

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan sesar naik (thrust fault).

Gempa 5,4 Skala Richter Guncang Sukabumi, Gempa Berada di Zona Megathrust
Twitter BMKG ?@infoBMKG
Gempa bumi berkekuatan 5,4 SR terjadi di Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (8/1/2019) pukul 16.54 WIB. 

GEMPA bumi magnitudo 5,4 yang mengguncang wilayah selatan Jawa Barat (Jabar) pada Selasa (8/1/2019) pukul 16.54 WIB disebabkan aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup di bawah Lempeng Eurasia di zona megathrust bagian bawah.

Informasi dari Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, Selasa, episenter gempa terletak pada koordinat 7,83 Lintang Selatan dan 106,44 Bujur Timur.

Tempatnya berlokasi di laut pada jarak 93 kilometer arah selatan kota Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat pada kedalaman 50 kilometer.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan sesar naik (thrust fault).

Guncangan gempa dilaporkan dirasakan di daerah Pelabuhan Ratu dan Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya dalam skala intensitas III MMI.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami dan hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Warga panik

Gempa berkekuatan 5,4 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat dan sekitarnya yang menyebabkan warga panik hingga melarikan diri keluar rumah karena kencangnya getaran.

"Saat gempa saya berada di dalam rumah, tiba-tiba ada getaran dan melihat lampu bergoyang. Tanpa pikir panjang, saya langsung melarikan diri keluar rumah dan menggendong anak," kata warga Jalan Benteng Kidul, Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi Nira Iyong, Selasa.

Informasi yang dihimpun dari rilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa berkekuatan 5,4 SR berpusat di?7.85 Lintang Selatan, 106.48 Bujur Timur dengan kedalaman pusat gempa 10 km di bawah permukaan laut, namun tidak berpotensi tsunami.

Hingga saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi belum menerima informasi kerusakan akibat bencana dan masih melakukan pendataan di seluruh lokasi yang terdampak gempa.

Gempa tersebut juga dirasakan oleh warga Kabupaten Sukabumi, seperti Irfan Rifaudin yang rumahnya berada di Kecamatan Cibadak.

Saat gempa ia sedang nongkrong yang tiba-tiba tetangganya lari keluar rumah.

"Meskipun durasinya tidak lama, tetapi getarannya cukup kencang," katanya. (Antara)

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved