Gawat! Baterai CVR Lion Air PK-LQP Hanya Tersisa 15 Hari

Daya baterai cockpit voice recorder (CVR) Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, hanya bertahan hingga 15 hari kedepan.

WARTA KOTA/JUNIANTO HAMONANGAN
KRI Spica diberangkatkan dari Dermaga JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (8/1/2019) untuk mencari CVR Lion Air PK-LQP. 

WARTA KOTA, TANJUNG PRIOK--- Daya baterai cockpit voice recorder (CVR) Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, hanya bertahan hingga 15 hari kedepan.

Alhasil proses pencarian CVR harus dilakukan dengan cepat.

Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro mengatakan, daya tahan baterai CVR untuk memancarkan sinyal hanya tersisa 15 hari lagi.

"Karena ping-nya, lifetime-nya 90 hari, ini masih ada kemungkinan untuk dicari, sekitar sisa 15 hari lagi," kata Harjo di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (8/1/2019).

Sebelum daya tahan baterai habis, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melanjutkan pencarian dengan menggandeng Pushidrosal berupa pengerahan KRI Spica untuk melakukan pencarian CVR.

Harjo menuturkan pencarian awal akan dilakukan selama satu minggu ke depan.

Apabila CVR belum juga ditemukan, Pushidrosal akan berkoordinasi dengan KNKT terkait penambahan masa pencarian.

"Survei pertama tujuh hari, kalau nggak ketemu kami menunggu dari KNKT apakah mau nunggu sampai titik darah penghabisan. Kami akan lihat, mudah-mudahan nggak sampai," ungkapnya.

Apalagi lokasi keberadaan CVR saat ini sudah diketahui di mana diperkirakan ada pada posisi sejauh 50 meter dari tempat penemuan flight data recorder (FDR) dengan luas area 5 x 5 meter.

Pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT-610 dengan rute Jakarta-Pangkalpinang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, 29 Oktober 2018.

Adapun Flight Data Recorder (FDR) atau rekaman data penerbangan pesawat dengan tipe Boeing 737-MAX 8 itu sudah ditemukan pada 1 November 2018.

Kerahkan KRI Spica, KNKT dan Pushidrosal Lanjutkan Pencarian CVR Lion Air PK-LQP

Belum Teridentifikasi, Keluarga Inisiatif Cari 64 Korban Lion Air PK-LQP

Kapal MPV Everest Telat Datang, Pencarian Lanjutan Korban Lion Air PK-LQP Dimulai Rabu Lusa

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved