Bekuk Wasit Nurul Safarid, Satgas Anti-Mafia Sepak Bola Akan Panggil Pemain dan Pelatih

Satgas Anti-Mafia Sepak Bola akan memintai keterangan sejumlah pemain dan pelatih kesebelasan Persibara dan PSS Pasuruan

Bekuk Wasit Nurul Safarid, Satgas Anti-Mafia Sepak Bola Akan Panggil Pemain dan Pelatih
tribunnews
Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo 

Semanggi, Warta Kota -- Satgas Anti-Mafia Sepak Bola akan memintai keterangan sejumlah pemain dan pelatih kesebelasan Persibara dan PSS Pasuruan, paska penangkapan dan penetapan tersangka wasit Nurul Safarid dalam pengaturan skor laga Persibara vs PSS Pasuruan yang dimenangkan Persibara 2-0.

"Pasti akan kita mintai keterangan, pelatih dan pemain Persibara. Juga pihak lawannya, PSS Pasuruan pelatih dan pemainnya. Semuanya nanti kita minta keterangannya," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Selasa (8/1/2019).

Sebab kata Dedi dalam pengatura skor pertandingan ini ada order dari pihak klub.

'Karena intinya, pengaturan skor ini klub yang mengorder targetnya harus menang dan lawan targetnya kalah. Jadi pemain dan pelatih akan kami mintai keterangannya," ujar Dedi.

Dedi mengungkapkan, pengaturan skor dalam sebuah pertandingan adalah kejahatan dalam dunia sepakbola. Pengaturan dilakukan secara sistematis dan sangat terstruktur.

"Karena itulah, kami yakin banyak yang terlkibat dalam kasus mafia bola ini, selain wasit NS yang ikut mendapatkan uang dari kejahatan tersebut. Jadi tunggu keterangan tersangka NS buka peran masing-masing," katanya.

Dalam match fixing atau pengaturan skor kata Dedi tidak mungkin seorang wasit melakukannya sendiri.

"Ada aktor intelektual yang mengatur itu, menghubungi perangkat pertandingan ada. Selain wasit, perangkat pertandingan itu ada asisten wasit, wasit cadangan, pengamat pertandingan dan lainnya," kata Dedi.

Sebelumnya Ketua Tim Media Satgas Anti-Mafia Sepak Bola, Kombes Argo Yuwono menjelaskan bahwa pihaknya sudah membekuk Nurul Safarid, wasit yang memimpin pertandingan Persibara Banjarnegara melawan PS Pasuruan dalam kasus pengaturan skor pertandingan liga Indonesia tersebut.

Nurul diamankan dari salah satu tempat sarana olahraga di Garut, Jawa Barat, Senin (7/1/2019).

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved