VIDEO: Pelican Crossing Pondok Cina Depok, Pejalan Kaki Banyak Belum Tau

Namun, banyak pejalan kaki yang tidak mengetahui kalau tombol tersebut dapat difungsikan.

- Banyak warga belum mengetahui ada pelican crossing di Depok tepatnya depan SD Negeri 01 Pondok Cina. Dengan fasilitas ini, pejalan kaki khususnya anak-anak sekolah seharusnya tidak lagi kesulitan untuk menyeberang jalan. Pantauan Kompas.com, pelican crossing tersebut berfungsi dengan baik.

Apabila menekan tombol traffic light, lampu lalu lintas itu akan memunculkan warna merah ketika tiba waktunya bagi pejalan kaki menyeberang.

Namun, banyak pejalan kaki yang tidak mengetahui kalau tombol tersebut dapat difungsikan. Para pejalan kaki terlihat lebih memilih menyeberang dengan melambaikan tangan mereka agar kendaraan yang melintas berhenti daripada memencet tombol traffic light tersebut.

Salah satu juru parkir bernama Mardi mengatakan, pelican crossing itu dioperasikan sejak Jumat (4/1/2019). Baca juga: Pro Kontra Masyarakat tentang Pelican Crossing Pengganti JPO Tosari "Baru sih ini, baru tiga atau empat harian ya pokoknya setelah tahun baruan. Awalnya cuma zebra cross biasa," ujar Mardi di Jalan Margonda, Senin (7/1/2019).

Mardi mengakui banyak masyarakat yang masih belum mengetahui fungsi dari pelican crossing tersebut. "Banyak yang belum tahu kalau ada tombol traffic light-nya, jadi masih pada manual nyeberangnya," ujar Mardi.

Sama halnya dengan Auvina, salah satu pejalan kaki asal Depok Timur mengatakan, dirinya sendiri belum menyadari adanya pelican crossing tersebut. "Saya saja baru tahu ada tombolnya, lagian juga pengendaranya walaupun ada tanda pejalan kaki harusnya melintas, mereka tetap nyelonong aja," ucap Aufina.

Aufina berharap pelican crossing dapat difungsikan dengan baik dan dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas di Jalan Margonda tersebut. "Berharapnya sih bisa difungsikan dengan sebaik-baiknya ya mbak. Jadi kalau lewat sini kan enggak khawatir lagi kalau mau nyeberang, " ucap Aufina.

Sementara, Ella warga Margonda mengatakan, dengan adanya fasilitas pelican croasing membuat dirinya tidak lagi khawatir apabila anaknya yang bersekolah di SDN 01 menyeberang sendiri. "Ya Alhamdulillah lah sekarang sudah enggak begitu khawatir ya kalau ada pelican crossing, " ucap Ella.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Banyak Warga Depok Belum Tahu Ada Pelican Crossing di Pondok Cina",
Penulis : Cynthia Lova
Editor : Dian Maharani

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved