Tips Hindari Modus Kejahatan Curanmor Incar Mobil Tamu Undangan Hingga Nasabah Bank

Pelaku bisa mengganti nama dan nomor telepon anggota grup WA dan kemudian menyamar dengan menggunakan foto profil Anda.

Tips Hindari Modus Kejahatan Curanmor Incar Mobil Tamu Undangan Hingga Nasabah Bank
SMMT
Ilustrasi memberikan kunci kendaraan kepada pelaku curanmor yang menyamar sebagai panitia acara kondangan pernikahan atau sunatan. 

Sejumlah pelaku kejahatan bisa menembus grup percakapan WhatsApp (WA) atau WhatsApp Group (WAG).

Dengan cara ini, pelaku bisa mengganti nama dan nomor telepon anggota grup WA dan kemudian menyamar dengan menggunakan foto profil yang bisa diambil di Facebook atau di media sosial lainnya.

Akibatnya, tidak sedikit kalangan masyarakat yang menjadi korban modus kejahatan seperti ini dan laporan mereka ke kepolisian biasanya menemui jalan buntu meski nomor telepon pelaku jelas ada, tapi kasus yang dilaporkan tidak diusut.

"Saya sudah melapor, tapi tidak ada progress, kerugian saya Rp 3 juta," kata seorang korban yang sudah melaporkan kepada kepolisian, Reto di Jakarta, Senin (7/1/2019).

Menurut Reto, kejadian yang dialaminya adalah modus kejahatan baru.

Dia tidak ingin ada korban yang berjatuhan.

"Saya percaya saja karena yang minta uang orang yang saya kenal dan memang di kontak saya di WA, pelaku mengganti identitasnya dengan orang yang sangat saya kenal," katanya.

Rupanya pelaku banyak menghubungi semua kontak di grup WA itu dan melakukan hal sama, pinjam uang karena sedang ada masalah dan jauh dari ATM.

"Saya kenal baik, dia teman saya, tapi ternyata ini adalah pelaku kejahatan, dia mengganti nomor ponsel teman saya di WA, pakai foto profilnya yang diambil di FB, jadi tidak curiga, saya tujuannya menolong," katanya.

Reto akhirnya merelakan uangnya hilang karena meski sudah memberikan nomor telepon pelaku, harapannya nyaris tidak ada bahwa kasus ini akan terungkap.

Halaman
1234
Penulis:
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved