The Jakmania Bukan Organisasi Politik, Dukungan Jakmania Hanya untuk Persija Jakarta

Bung Ferry membantah dan menegaskan bahwa Jakmania tidak pernah memberi dukungan politik apa pun.

The Jakmania Bukan Organisasi Politik, Dukungan Jakmania Hanya untuk Persija Jakarta
Warta Kota/Gisesya Ranggawari
Ketua Pengurus Pusat The Jakmania Ferry Indrasjarief 

Minggu, (6/1/2019), calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin kedatangan belasan perwakilan dari suporter klub di Indonesia.

Kedatangan mereka untuk mendukung pencalonannya menjadi orang nomor 2 di Republik Indonesia.

Dalam media sosialnya, Ma'ruf Amin menyebutkan bahwa pendukung setia Persija Jakarta yaitu The Jakmania turut hadir dalam di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat.

Satu hari setelahnya, Senin (7/1) Ketua Pengurus Pusat (PP) Jakmania, Ferry Indrasjarief atau yang biasa disapa Bung Ferry membantah dan menegaskan bahwa Jakmania tidak pernah memberi dukungan politik apa pun.

Begini Pandangan Ketua The Jakmania pada Ivan Kolev

"Jakmania bukan organisasi politik. Dukungan Jakmania hanya ditujukkan kepada Persija Jakarta dan Tim Nasional Indonesia," tulis Bung Ferry dalam akun Facebook-nya yang dikonfirmasi langsung oleh Bung Ferry saat dihubungi Warta Kota.

Bung Ferry juga secara tegas mengatakan bahwa jika ada anggota The Jakmania yang terbukti mendukung salah satu anggota politik tertentu, maka status keanggotaannya di Jakmania akan dicabut.

"Bila ada anggota Jakmania yang secara langsung atau tidak telah menyeret nama Jakmania ke ranah politik, dengan memberikan dukungan kepada calon legislatif, calon kepala daerah, calon presiden maupun partai tertentu, silakan menyerahkan kartu anggotanya dan tidak diperkenankan lagi menyatakan diri sebagai anggota Jakmania dalam situasi apapun," ucap Bung Ferry.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Umum PP Jakmania, Diky Soemarno yang menyatakan bahwa Jakmania adalah organisasi terpimpin.

Kembali ke Persija Jakarta, Ryuji Utomo: Saya The Jakmania Sejak Kecil

Jakmania, kata Diky, organisasi independen dan tidak pernah berpolitik dan tidak berikrar mendukung pihak manapun dalam situasi politik.

"The Jakmania adalah organisasi suporter sepakbola yang independen, tidak berpolitik dan tidak berikrar untuk mendukung pihak manapun dalam situasi politik," kata Diky.

"Jadi statment bahwa Jakmania mendukung (salah satu cawapres) itu sebuah kesalahan besar," ucapnya lagi.

Lebih lanjut Diky menjelaskan, jika ternyata ada anggota terbukti hadir dan mendukung salah satu pasangan calon presiden, maka itu tidak bisa dikatakan bahwa Jakmania turut mendukung.

Tegaskan Anies Tak Berkampanye, Gerindra: Itu Empat Jari, Simbol The Jakmania

Alasannya, apa pun keputusan Jakmania harus sesuai perintah langsung dari Ketua Umum yaitu Bung Ferry.

"Keberadaan siapa pun di sana bila ternyata dia memang anggota kami, itu tidak bisa dikatakan membawa nama instansi Jakmania karena pernyataan sikap organisasi Jakmania dalam hal apa pun hanya dilakukan oleh Ketua Umum," tutur pria berkacamata ini.

Penulis: Gisesya Ranggawari
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved