Penting Sosialisasi Kanker Mulut

Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia mulai tahun ini berkomitmen akan banyak melakukan edukasi dan sosialisasi terkait kanker rongga mulut.

Penting Sosialisasi Kanker Mulut
Earth Chronicles
Ilustrasi. 

WARTA KOTA, PALMERAH--- Masyarakat banyak yang tidak mengetahui tanda-tanda awal kanker rongga mulut, sehingga pada umumnya baru diketahui di tahap kanker stadium lanjut.

Selain itu banyak pasien tidak tahu harus berkonsultasi dengan dokter yang tepat disebabkan tanda-tanda kanker mulut yang tidak terlihat jelas.

Hal ini terjadi karena masih rendahnya pengetahuan masyarakat dan kurangnya informasi serta edukasi.

Untuk itu, Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia (ISPMI) mulai tahun ini berkomitmen akan banyak melakukan edukasi dan sosialisasi terkait kanker rongga mulut. Salah satunya dengan gerakan SaMuRi (Periksa Mulut Sendiri).

"Melalui gerakan ini masyarakat akan diajarkan bagaimana melakukan periksa mulut secara mandiri dan juga menjaga kebersihan rongga mulut dengan baik," kata Ketua ISPMI, drg Rahmi Amtha MDS SpPM PhD, beberapa waktu lalu.

Untuk menjaga kebersihan mulut bukan hanya sekadar menyikat gigi secara baik dan benar yang merupakan gold standard memelihara kebersihan mulut, namun pada kasus tertentu diperlukan antiseptik yang salah satunya mengandung chlorhexidine atau bahan lainnya.

Meskipun deteksi awal kanker rongga mulut sangat penting dilakukan, namun masih sedikit dokter gigi yang menerapkannya.

Berdasarkan data Konsil Kedokteran Indonesia, tercatat 35.207 dokter gigi dan 102 dokter spesialis penyakit mulut.

Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Dr drg RM Sri Hananto Seno SpBM (K) MM, mengatakan, diagnosa dini kanker mulut telah menjadi prioritas tujuan kesehatan masyarakat dimana dibutuhkan profesional kesehatan yang handal. Di sinilah dokter gigi memegang peran penting.

"Dokter gigi bukan hanya memeriksa masalah pada gigi, namun penting untuk melakukan deteksi awal kanker mulut," kata Sri Hananto Seno di tempat yang sama.

Benarkah Terompet Menularkan Penyakit Kanker Mulut?

Waspadalah, Bau Mulut Gejala Kanker Mulut

Sering Sariawan Sama Saja Kanker Mulut?

Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved