Pemilu Bikin Piala Presiden Terancam Tak Digelar Tahun Ini, Jadwal Liga 1 Bakal Mundur Jauh

PEMILIHAN Umum (Pemilu) serentak 2019 ternyata membawa dampak bagi perhelatan ajang sepak bola Tanah Air.

Pemilu Bikin Piala Presiden Terancam Tak Digelar Tahun Ini, Jadwal Liga 1 Bakal Mundur Jauh
Tribunnews.com
Piala Presiden logo 

PEMILIHAN Umum (Pemilu) serentak 2019 ternyata membawa dampak bagi perhelatan ajang sepak bola Tanah Air.

Piala Presiden terancam tak digelar tahun ini, dan Liga 1 bakal mengalami perubahan jadwal kompetisi secara drastis.

Piala Presiden yang sejatinya digelar sebagai pramusim jelang musim kompetisi baru, kemungkinan akan ditiadakan untuk 2019 ini.

Tes Mengaji Capres-Cawapres Bukan Wewenang KPU

"Tagline kita namanya Piala Presiden. Nah, ini jangan juga nanti kita kena semprit oleh KPU atau Bawaslu. Karena itu tagline Piala Presiden," ujar Anggota Komite Eksekutif PSSI Gusti Randa saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (5/1/2019).

Pada perhelatan Pilpres 2019, calon petahana yang menjabat Presiden RI saat ini, Joko Widodo, juga maju. Jika Piala Presiden digelar, otomatis ia juga akan tampil.

Gusti Randa bakal mengkaji terlebih dahulu di Kongres PSSI pada 20 Januari 2019, terkait hal ini. Tidak hanya Piala Presiden, Liga 1 pun terancam bakal molor jauh.

Hasto Kristiyanto: Zaman Orde Baru Banyak Aktivis Hilang, Sekarang Tiba-tiba Cuitan Hilang

Perhelatan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden juga menjadi penyebabnya. Gusti Randa menjelaskan, selama kampanye, pasti banyak stadion yang akan digunakan. Selain itu, kompetisi juga terkendala memasuki bulan suci Ramadan.

"Karena kita tahu misalnya agak sulit di Januari sampai April, ada kemungkinan liga mundur satu bulan di bulan Mei. Tapi bulan Mei sudah masuk Ramadan," paparya.

Di Bulan Ramadan juga liga bisa libur. Maka, di kongres nanti menurutnya akan dibahas kapan waktunya. Hal ini juga untuk menyesuaikan, agar liga tidak sampai berbenturan dengan agenda Timnas Indonesia. (Ilham Rian Pratama)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved