Kasus Ratna Sarumpaet

Pelimpahan Berkas Kasus Ratna Sarumpaet ke Kejaksaan Diundur Sampai Kamis 10 Januari 2019

POLDA Metro Jaya akan kembali melimpahkan berkas kasus berita bohong dengan tersangka Ratna Sarumpaet, pekan ini.

Warta Kota/Henry Lopulalan
Tersangka kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks, Ratna Sarumpaet, hendak menjalani pemeriksaan kejiwaan di Bidang Kedokteran Kesehatan (Biddokes) Polda Metro Jaya, Jalan Sudirman, Rabu (10/10/2018). 

POLDA Metro Jaya akan kembali melimpahkan berkas kasus berita bohong dengan tersangka Ratna Sarumpaet, pekan ini.

Sebelumnya, berkas perkara sempat dilimpahkan oleh Polda Metro Jaya ke Kejati DKI pada 8 November 2018.

Namun, kejaksaan mengembalikan BAP tersebut dengan alasan belum melengkapi syarat formil dan materiil. Sehingga, berkas dikembalikan disertai sejumlah petunjuk dari kejaksaan untuk dilengkapi penyidik.

Klarifikasi Ucapannya Soal Bangun Tol Cipali Tanpa Utang, Ini Maksud Sandiaga Uno

"Rencananya minggu ini ya kami limpahkan berkasnya. Nanti saya sampaikan kemudian," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Senin (7/1/2019).

Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Jerry Siagian menambahkan, rencananya pihaknya melimpahkan berkas kasus Ratna Sarumpaet pada Senin (7/1/2019) hari ini. Namun, karena ada beberapa hal yang masih harus dilengkapi, pihaknya menundanya dan baru akan melimpahkannya ke kejaksaan pada Kamis (10/10/2019) mendatang.

"Jadi, Kamis tanggal 10 Januari akan kita limpahkan kembali berkasnya ke Kejaksaan," kata Jerry, Senin (7/1/2019).

Komentari Cuitan Andi Arief Soal Hoaks Surat Suara Tercoblos, Fadli Zon Malah Khawatirkan DPT

"Petunjuk dari kejaksaan sudah kita ikuti dan akan dilengkapi," tambah Jerry.

Karenanya, Jerry menargetkan dan memastikan semua petunjuk jaksa untuk kelengkapan berkas, rampung pekan ini, sehingga dapat langsung dilimpahkan ke kejaksaan pada Kamis mendatang. Sebelumnya, Jerry menyebutkan penambahan saksi yang diperiksa dan di-BAP sudah dilakukan semua.

Berkas kasus hoaks Ratna Sarumpaet dilimpahkan kembali oleh Kejaksaan DKI Jakarta ke Polda Metro Jaya, karena belum lengkap. Kemudian, guna melengkapinya, penyidik menambah keterangan saksi, yakni Wakil Ketua Tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Nanik S Deyang dan akademisi Rocky Gerung.

Andi Arief Dipolisikan, Mantan Wakil Gubernur Timor Timur Bilang Itu Namanya Politik Cengeng

Dalam kasus ini, penyidik telah memeriksa sejumlah saksi. Di antaranya Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Asiantoro. Juga, Ketua Cyber Indonesia Muannas Al Aidid sebagai pelapor dalam kasus ini.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved