Minggu Depan, Hasil Sampel Penanaman Eceng Gondok di Kali Inlet 3 Bakal Keluar

Hasil sampel penanaman eceng gondok di Kali Inlet 3, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, akan keluar pekan depan.

Minggu Depan, Hasil Sampel Penanaman Eceng Gondok di Kali Inlet 3 Bakal Keluar
WARTA KOTA/JUNIANTO HAMONANGAN
Petugas LLHD Jakarta mengambil sampel penanaman eceng gondok di Kali Inlet 3 atau Saluran Penghubung (Phb) Bisma, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (7/1/2019). 

WARTA KOTA, TANJUNG PRIOK --- Hasil sampel penanaman eceng gondok di Kali Inlet 3 atau Saluran Penghubung (Phb) Bisma, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, baru bisa diketahui setelah menunggu satu minggu.

Hal itu diungkapkan oleh staf Analis Mikro Biologi Laboratorium Lingkungan Hidup Daerah (LLHD) Jakarta Anita Andriyani.

“Biasanya untuk umum kita 14 hari kerja, tapi untuk kasus seperti ini kita usahakan, mungkin kurang lebih 7 hari kerja lah sampai jadi hasil,” ucap Anita, Senin (7/1/2019).

VIDEO: Petugas Ambil Contoh Air Kali Sunter yang Sudah Ditanam Eceng Gondok

Anita mengatakan bahwa ada sedikit perubahan di Kali Inlet 3 terkait penanaman eceng gondok, namun tidak signifikan.

“Belum bisa karena dari insitu, kita hanya lihat rona awal. Nanti setelah masuk lab baru kita bisa dan beberapa kali pemeriksaan baru kita bisa lihat ada tidaknya pengaruh eceng gondok di badan air tersebut,” katanya.

Kepala Satuan Pelaksana UPK Badan Air Jakarta Utara Lambas Sigalingging mengatakan, secara fisik ada perubahan seperti tidak ada lagi bau menyengat yang timbul dari sekitar lokasi pada siang hari.

Penanaman Eceng Gondok di Saluran Phb Bisma Rampung Besok

“Seperti sama-sama kita rasakan bau itu sudah nggak ada. Secara kasat mata kita juga bisa lihat awal air ini dengan kita lihat di sana ada perubahan yang sangat signifikan, lebih jernih,” ucapnya.

Namun demikian, pihaknya harus memastikan terlebih dahulu berdasarkan hasil laboratorium untuk mengambil tindakan apakah bisa diterapkan di tempat lain atau tidak.

“Hasil lab ini kita laporkan kepada pimpinan kita untuk menjadi bahan apakah kita langsung diterapkan di Kali Item atau gimana,” katanya. 

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved